PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 10 PADANG

Metamya Ginting - Universitas Negeri Padang)
Yerizon Yerizon - Universitas Negeri Padang

Abstract


All students need problem-solving skills. However, students still have difficulties in solving problems. Thus, a learning model that can develop students' ability to solve problems is needed. This study examines how Problem Based Learning (PBL) affects students' problem solving skills. This quantitative research used the Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. All eighth grade students from nine classes were studied. Two classes with 63 students were sampled. This study used random sampling at SMP Negeri 10 Padang. Data were collected using test questions. Data analysis showed that the t-test for hypothesis testing rejected the null hypothesis (H0) with a P-value of less than 0.05. The problem-based learning model has an effect on the mathematics problem solving ability of students in grade VIII of SMP Negeri 10 Padang.

Keywords Mathematical Problem Solving Ability, PBL, Conventional Learning


Full Text:

PDF (140-144)

References


Aisyah, P. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. 2018. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025-1036.

Nurfitriyanti, M. 2016. Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Ratna Sariningsih, R. P. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 34–42. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view/3189/2737

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. 2018. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. 2022. Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54).

Yerizon, & Marinda, D. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis SBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Kontinu : Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 64.

Husna, M., & Fatimah, S. 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.

Sumartini, T. S. 2016. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Aprilia, R., Destiniar, D., & Septiati, E. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 8(2), 87-96.

Afrilia, D., Mustalifah, M., & Ramadanniya, D. N. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Numeracy, 10(2), 120-133.

Zubaidah, S. 2019. STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).

Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. 2021. Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313-320.

Rozie, F. 2018. Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.

Darlia, Y., Nasriadi, A., & Fajri, N. 2018. Penerapan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada materi pecahan kelas VII SMP. Numeracy, 5(1), 102-118..

Hotimah, H. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Lismaya, L. 2017. Penerapan pembelajaran biokimia berbasis student center learning (SCL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. BieEDUIN: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1).

Indrapangastuti, D. 2023. Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning (Teori dan Implementasi). CV Pajang Putra Wijaya.

Pratiwi, D., & Ramdhani, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2) DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v2i2.777

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., dan Yerizon, Y. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1(2), Hal. 258-274

D. Oktaviana and R. Haryadi, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 4, p. 1076, 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i4.3069.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v13i1.15736