PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH

Amelia Az’zahra - Universitas Negeri Padang )
Yulyanti Harisman - Universitas Negeri Padang )

Abstract


Penelitian ini menguji apakah siswa yang belajar memakai model Think Talk Write (TTW) memiliki kemampuan komunikasi yang lebih kuat daripada belajar secara konvensional. Penelitian memakai metode Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI MAN 1 Kota Payakumbuh tahun ajaran 2023/2024. Tes akhir dan kuis menilai kemampuan komunikasi matematis. Nilai P-value sebesar 0,004 dengan tingkat nyata 0,005 menolak H0 dalam pengujian hipotesis. Hal ini membuktikan siswa yang belajar dengan TTW memiliki kemampuan yang lebih unggul. Oleh karena itu, pembelajaran dengan TTW berpengaruh terhadap kemampuan tersebut.

Kata KunciThink Talk Write,  Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Konvensional.

Full Text:

PDF (99-103)

References


. Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas Viii Smp. In Online) Diglosia (Vol. 1, Issue 2).

. Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-Issn, 1(1), 15–22.

. Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sd/Mi. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1)..

. Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Dalam Setting Pembelajaran Rme (Realistic Mathematics Education). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujmer.

. Asis, A., Suaedi, & Ilyas, M. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Komunikasi Matematika Siswa (Vol. 37).

. Asmoro, T. S., & Atmojo, I. R. W. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Think Talk Write (Ttw).

. Dewi, M. W. K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Materi Perbandingan Di Desa Karangpawitan.

. Dwiyanti, W. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.

. Hapsan, A., & Harjuna, H. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Dengan Strategi Think Talk Write. 02(01).

. Melati, & Syarifuddin, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas Viii Smp 2 Negeri 7 Padang.

. Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender.

. Putri, D. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Talk Writeterhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1.

. Putri, F. H., & Jamaan, E. Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas Viii Smpn 8 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(1).

. Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teachinguntuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematisdan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1).

. Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi, 5(1).

. Romlah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Mutiara 1 Bandung Pada Materi Bentuk Aljabar. Journal On Education, 01(02).

. Siswono, T. Y. E. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Https://Idcloudhost.Com/Mari-

. Sukarini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. In Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha (Vol. 11, Issue 1).

. Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Spldv.

. Widiani, T., Rif’at, M., & Romal, I. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa.

. Wulandari, W. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps).

. Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v13i1.15701