PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 12 PADANG

Rozi Putri - Universitas Negeri Padang )

Abstract


Learners' ability to solve problems is an important skill that cannot be separated from learners. Initial test results at SMPN 12 Padang showed the need to improve this ability. One of the steps taken is the implementation of the Auditory, Intellectually and Repetition learning model. The results of the final test analysis of mathematical problem solving ability with a real level of α = 0.05, obtained a P-Value = 0.01 where the P-Value <α so as to reject  This means that the application of the Auditory, Intellectually and Repetition model has an impact on the mathematical problem solving ability of students in class IX SMPN 12 Padang.

Keywords Mathematical problem solving skill, Auditory, Intellectually and Repetition Learning Model

Full Text:

PDF (33-38)

References


Andriana, Ria, Muliana, and Yeni Malikussaleh. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 2 Dewantara.” 1:29–35.

Gultom, Intan ramadhani, and Nurhasanah Siregar. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 5(2):184. doi: 10.31764/justek.v5i2.11556.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran:Isu-Isu Metodis Dan Paradimagmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indahsari, Anggita Tri, and Aflich Yusnita Fitrianna. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 2(2):77. doi: 10.22460/jpmi.v2i2.p77-86.

Rangkuti, Rizki Kurniawan. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 5(1):81–88.

Ripai, Ipan, and Nana Sutarna. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Learning.” Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0” 4:1146–55.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simamora, Irna Purwati. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Smk Kesehatan Sidimpuan Husada.” Mathematic Education Journal)MathEdu 2(2):29–38.

Soniawati, S. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Cibinong Materi Bentuk Aljabar Dengan Problem Based ….” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika … 5(5):1341–50. doi: 10.22460/jpmi.v5i5.1341-1350.

Suryabrata, Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suwarman, Ramdhan F., and Akmal Aulia Candra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory , Intellectually and Repetition ( Air ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.” Jurnal PRISMA VI(Model pembelajaran Auditory.Intellectually and Repetion):152–61.

Taufiq, Darissallam At, and Basuki. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):303–14. doi: 10.31980/plusminus.v2i2.1814.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v13i1.15644