PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 RANAH PESISIR
Abstract
Keywords – The Ability of Mathematical Reasoning, Discovery Learning Model, Learning Direct
Full Text:
PDFReferences
Togi, Putri Theresia Sagala. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII-3 SMP N 1 Binjai. Journal Inspiratif. Vol 3, No. 3 Desember 2017.
Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika? Medan: Perdana Publishing..
Tukaryanto, dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Semarang: PPG SM-3T ( FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Boyolali). Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Syahputri, Indah. 2017. Perbedaaan Kemampuan Penalaran Matematis iswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif, Vol 3 No. 2 Agustus 2017
Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPTK Matematika
Listika Burais, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 3, No. 1 April 2016
Ahmad, Nurul. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, Vlume 3 No. 3 November 2015
Tukaryanto, dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Semarang: PPG SM-3T ( FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Boyolali). Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika
Arends, R.I. 2015. Learning to teach (10th ed). New York: Mc Graw-Hill International Edition.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grarafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v10i4.12804