Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Odetya, O & Desyandri. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 7(12), 1-13.
Damris, F., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model PBL di Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).
Dewi, T.A & Wardani, N.S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2(1), 234-242.
Faisal. (2014). Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creatif
Handoko, O.D., Dewi, H., & Giarti, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies. 1(3), 231-236.
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. (Volume 3 Nomor 2), 61.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. (Volume 2 Nomor 1), 18.
Islam, F.M., Harjono, N., & Arlanda, G.S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan. 2(7), 613-628.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas V. Jakarta: Kemendikbud.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Dididk Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marsali, A. (2016). Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. Vol. 1, 1-17.
Maulida, Y.N., Eka, K.I., & Wiarsih, C. (2020) Penerapan Model Problem Based Learnin Guntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Kerjasama Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial. 4(1), 16-21.
Marda, N., Relmasira, S.C & Hardini, A.T.A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies. 1(2). 149-156.
Mudlofir, A & Rusydiyah, E.F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mustamillah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas I SD Negeri I Gosono-Wonosegoro. Jurnal Scholaria. 5(1), 92-102.
Nafiah, Y. N & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Vokasi. (Volume 4 Nomor 1), 130.
Novianti, A., Betri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(1). 195-202.
Nurdin, S & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rja Grafindo Persada.
Puspita, V & Yuhelman, N. (2017). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas III SD. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 8(1), 32-39.
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 935-943.
Ratih, M., & Taufina. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dalam Pembelajaran Tematik Dengan Model Vark (Visual, Auditory, Read/Write And Kinesthetic) Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 7(2), 83.
Rini, R & Mawardi. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Kelas IV SDN Slungkep 02 Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Scholaria. (Volume 5 Nomor 1).
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Saputra, A. T. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1). 1-16.
Sari, M & Asmendi. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Reasearch) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA, dan Pendidikan IPA, 6(1), 44.
Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1(2), 99-108.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Stefani, S., & Abidin, Z. (2019). Penggunaan Model Pbl untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. School Education Journal Pgsd Fip Unimed. 9(4), 346-352.
Syupriyanti, L., & Taufina, T. (2020). Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 55-64.
Taufik, T. (2015). Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota. In Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015 (Vol. 1, No. 1).
Taufina, T., & Chandra, C. (2017). The Implication of Authentic Assessment in Thematic Integrated Learning Process at Lower Level Elementary School Early Childhood Development. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Atlantis Press. Vol.169,142.
Taufina, T., & Ratih, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Pembelajaran Paikem Gembrot Di Kelas IV Sekolah Dasar. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(3), 254.
Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. (Volume 4 Nomor 2), 49.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Waslina, E., Fahrudin, F., Fitria, Y., & Mudjiran, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas IV. Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 643-650.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v8i3.9977