Pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas IV SD Kecamatan Padang Utara

Rekho Juniawan - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Melva Zainil - Pembimbing, Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan  adanya pengaruh positif dari Penggunaan Model PjBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD Gugus IV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD yang berada di Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh SD Angkasa I Lanud Padang kelas IV dan SD Angkasa II Lanud Padang  kelas IV. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.

Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t, bahwa t hitung sebesar 2,003 dan t tabel sebesar 1,682 dengan t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,003>1,168), maka dapat dikatakan bahwa H0 diterima atau Ha ditolak. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh positif dari penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar sederhana.

Keywords


PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurfitriyanti, Maya. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif. 6(2), 149-160.

Prasti, Herlin Febriana Dwi. (2011). Indikator Motivasi Belajar Siswa (Online). Tersedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2114607-indikator-indikator-motivasi-belajar-siswa/ (9 Juli 2013).

Tracy. (2012). Teaching Mathematics in a Project-Based Learning Context: Initial Teacher Knowledge and Perceived Needs. Mathematics Education Research Group of Australasia, diakses tanggal 10 Januari 2019.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainil, M, R. C. I. Prahmana, Y Helsa, dan S. Hendri. (2017). ICT Media Design of Elementary School Mathematics Learning Using CS6 Program ICT Media Design for Higher Grade of Elementary School Mathematics Learning Using CS6 Program. Journal of Physics: Conference Series 943(1): 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i9.6922