Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP

Suci Ummah - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Farida Fachrudin - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Farida Suardiman - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this research is to improve Learning outcoes in integrated thematic learning with model Discovery Learning class VI  SD Pembangangunan Laboratorium UNP, the subject of the research is as a teacher, researcher and student of class VI, which amounted to 27 people. Results of the study showed improvements in: (a) the RPP cycle I gained an average rating of 81,815 (B) and cycle II becomes 90.90% (AB), (b) the assessment of this aspect of teacher cycle I scored average 72.91% (C) and cycle II becomes 87,5% (AB), (c) the value of the results of the study the average value of the I-cycle students 74,99% (C) and cycle II becomes 91,66% (AB).



Keywords


Discovery Learning; Integrated thematic

References


Desyandri, Muhammadi, Mansurdin, & Fahmi, R. (2019). Development of Integrated Thematic Teaching Material Used Discovery Learning Model in V Grade Elementary School. Jurnal Konseling Dan Pendidiikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/129400

Emzir, (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif dan & kualitatif. Jakarta : Rajawali Press

Hosnan. (2014). Discovery Learning dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rajawali Pers.

Kurniasih, Imas. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Lenny Zaroha; Firman; Desyandri. (2018). The Effect of Using Quantum Teaching and Motivation in Learning Toward Students Achievement. JAIPTEKIN | Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(4), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/4.32143

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta Rajawali Press

Kartowagiran, B._. Pendekatan Kualitatif dan Pendekatan Kuantitatifdalam Penelitian Tindakan di Bidang Psikologi (online) (Staffnew, Uny.ac.ad.

Kristin.f. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam peningkatan hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol.2 , No.1.

Marta, R. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 018 Langgini. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1): Mei 2018 . e-ISSN 2579-9258

Putri, Dkk. (2017) Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatan Evikasi diri dan Penguasaan Konsep Siwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol.6 , No.2.

Puspita, H.J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kelas V B SD Negeri Telairejo 1 Yokyakarta: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Edisi 9 Tahun ke 5.

Rosalina Dkk. (2016) . Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada materi Perubahan Ujud: Jurnal Pena Ilmiah. Vol.1, no.1.

Rudyanto HE. (2014). Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif : Premiere E Ducandum. Vol.4 , No.1.

Setiadi, H . (2016) . Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013 : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.20 , no. 2.

Setyowati Dkk. 2018 . Penggunaan model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Mangun Sari 07 : jurnal sains dan teknologo. Vol.1 , No.1, Mei 2018, Hal 76-81 ISSN 2620-5476.

Sukerti, Dkk. (2015). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Mintat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utarra : jurnal Pendasi. Vol.4 , No.1.

Sumini Th. (2010). Penelitian Tindakan Kelas : Jurnal. Vol.24 , No. 1.

Simanjuntak, M. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write(TTW) dan Software Autograph dalam Mempersiapkan Pendidik Matematika Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(2), 71-80.

Utari, dkk. 2016. Pembelajaran tematik Berbasis Kearian Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Ekonomi asean (MEA) : Jurnal JTP 2 IPS Vol.1 , No.1. PISSN 20503 – 1201 & EISSN 2503 – 5347.

Widarto. (2014). Penyusunan RPP pada Kurikulum 2013. Disampaikan pada kegiatan PLPG Gelombang IV 2014.

Winarni Dkk. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Discovery Learning terhadap Pengaruh Siswa Sekolah dasar tentang Peninggalan Sejarah : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.8, Edisi 1.

Yupita , I. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatan hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPGSD Vol . 1 , No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i6.6650