Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dalam model yang terintegrasi yang dikembangkan melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IVA SDN 04 Garegeh Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas untuk penelitian ini. Penelitian ini menarik pada guru dan siswa kelas IV sebagai subjek. Ada 23 siswa yang dibagi menjadi 18 pria dan 5 wanita. Ada dua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian merupakan peningkatan dari hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IVA SDN 04 Garegeh Bukittingi melalui model Problem Based Learning (PBL).
Keywords
References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto dan Sudjendro, Herry . 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: Diandra Kreatif
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suryosubroto.2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Rineka Cipta: Jakarta
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Kencana Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i5.6513