PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 36 orang peserta didik di SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian RPP, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes dan non tes. Instrumen penelitian ini: lembar penilaian RPP, lembar observasi, soal evaluasi dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a)penilaian RPP siklus I adalah 88,89%, siklus II 97,78%; b)pengamatan aktivitas guru siklus I 82,14% dan siklus II 96,42%; c)pengamatan aktivitas siswa siklus I 82.14% dan siklus II 96,42%; d)hasil belajar pada siklus I 69.45%, dan siklus II 94.44%. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu.
Kata Kunci : tematik terpadu, model kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dan hasil belajarReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Leksono, Anggun Bowo (2014). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas 2 di SD Watuadeg Kecamatan Cangkringan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.
Permatasari & Supriyono (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Jatilengger 02 Blitar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surabaya: UNS.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah 2013. Jakarta: Kemedikbud
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Bumi Aksara
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i5.6500