Peningkatan Pemahaman Konsep Hubungan Antar Garis Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD

Febri Yanti - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Farida Fachruddin - Pembimbing, Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to describe the results of the Improvement of the Ability of Understanding the Concept of Inter-Class Relationship Using the Discovery Learning Model in Grade IV of Elementary School. This type of research is PTK using quantitative and quantitative. The research subjects were teachers and 25 students. The results showed that: (1) the average RPP ranking of the first cycle was 85.7% to 94.6% in the second cycle with an increase of 8.9%, (2) the results of the curriculum aspects of the first cycle 78.1% to 92, 2% in the second cycle with an increase of 14.1%, and the results of student competency assessment 78.1% to 92.2% in the second cycle with an increase of 14.1%, (3) the results of the ability to understand the concepts of students in cycle I 66 , 4 to 86.2 in the second cycle with an increase of 19.8%.

 

Keywords: Discovery Learning, Concept Understanding Ability


References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Alif, Ringga Persada. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Peserta didik(Studi Eksperimen Terhadap Peserta didik Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat).Cirebon:Vol. 5 No. 2

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsaythamby. (2014). How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary School, hh. 309-313

Burais, Listika, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika 3 (1): 77-86. ISSN: 2355-4185.

Ernata. 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sd. Jurnal pemikiran dan pengembangan sd. e-ISSN: 2527-3043 p-ISSN: 2338-1140 Volume 5, Nomor 2, September 2017 (Halaman 781-790)

Euis,Dkk.2014.Manajemen Kelas Guru Professional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan Dan Berpretasi.Bandung: Alfabeta.

Fahrudhin,Dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.1 No.1 April 2018 p-ISSN: 2615-4196 e-ISSN: 2615-4072

Hosnan,M. 2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Jakarta:Gralia Indonesia.

Ihdi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Dan Aktivitas Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika p-ISSN2252-732X e-ISSN 2301-7651

Kadir , Dkk.2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Peserta didikSMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Volume 2, No. 2, 2019, pp. 245-266.

Kistan, A., Armanto, D., & Sudrajat, A. 2017. The Effect Of Discovery learning Method On The Math Learning Of The V SDN 18 Students Of Banda Aceh, Indonesia. British Journal of Education, 5(10)

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta :Raja Wali Press

Liza Moreno. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik Kelas Vii Smpn 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai ISSN: 2614-6754 (print) Halaman 1401-1428 ISSN:2614-3097(online) Volume 2 Nomor 6 Tahun 2018

Mariyana, Fina Amalena, Dkk. 2018. Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV Sekolah Dasar. No 2: November 2018 ISSN 0854-8285

Marta, Rusdial. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 018 Langgini. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1): Mei 2018 . e-ISSN 2579-9258

Mujiati.2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning Pada Materi Konsep Hubungan antar garis Peserta didik Kelas V A Sd Negeri 009 Pulau KijangKecamatan Reteh .Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 6 | Nomor 1 | April – September 2017 | ISSN: 2303-1514 |

Oftiani, Siti & Saefudin, Abdul Aziz. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5 (2): Desember 2017. E-ISSN 2581-172X

Priyambodo. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5, Nomor 1, Januari 2016 ISSN 2086 4280.

Pujiati, Dkk. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.1 No.1 April 2018 p-ISSN: 2615-4196 e-ISSN: 2615-4072

Ruminda. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri 1tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2579-6550 (online) 2528-4363 (print) Vol. 2, No. 2. April 2017

Susanto,Ahmad. 2013. Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Syukri,Dkk.2016. Komparasi Pemahaman Konsep Bangun Datar Peserta didik Antara Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Dan Model Pembelajaran Yang Mengadopsi Teori Van Hiele Pada Kelas VII SMPN 2 Sinjai Timur. Makassar: Vol. V, No. 1 Hal. 106-124.

Uno, Hamzah B, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesianal. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i5.6499