Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Think Talk Write Pada Kelas IV SD

Anggi Sitanggang - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Farida Fachrudin - Pembimbing, Universitas Negeri Padang

Abstract


This purpose of this research is to describe the Improvement of Learning Outcomes of Students Using Cooperative Think Talk Write (TTW) Type in Class IV Elementary Integrated Thematic Learning. The type of research is PTK with qualitative and quantitative. The research subjects were teachers and 22 students of grade IV. The results showed that: (1) the average RPP ranking of cycle I was 84.72% to 92% in the second cycle with an increase of 7.3%, (2) the results of monitoring the activities of teacher cycles I 80.4% to 92.9% in the second cycle with a 12% increase and the results of observations of the activities of students in the first cycle 80.4% to 92.9% in the second cycle with an increase of 12%, (3), and the results of the knowledge aspect of the first cycle 2.66 to 3.66 in cycle II with an increase of 1% and the results of the skills aspect of cycle I 3.00 to 4.00 in the second cycle with an increase of 1%.


Keywords


think talk write, learning outcomes

References


Buku:

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta:Rajawali Pres

Kurinasih, Imas, dkk. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat BahanAjar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dokumen resmi:

Permendikbud No. 37 tahun 2018

Jurnal online:

Anshory, I., Sputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 (1), 35-46.

Astimar, N., & Indrawati, T. (2014). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar X Tanah Datar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIV(2), 98–108.

Azrah, Meri. (2017). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 009 Tembilahan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6(1) ISSN: 2303-1514.

Desyandri dan Dori Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah, 4(1), 163-174.

Erina, dkk. 2018. Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Parafrasa Puisi pada Peserta didik SMK Negeri 3 Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. Vol.3 No.1.

Herliani. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Samarinda. In Prosiding Seminar Biologi.

Khairah, dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Mangaran Situbondo. Jurnal Edukasi, 4(3), 6-9.

Kusbarani. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Think Talk Write dalam Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV di SDN 5 Margototo. Tesis.

Naimnule,dkk. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) di SMUK. Jurnal Pendidikan, 1(10), 2050-2053.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 93-98.

Simanjuntak, Maslina. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) dan Software Autograph dalam Mempersiapkan Pendidik Matematika Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(2), 71-80.

Simanjuntak,R. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 8 Kota Tebing Tinggi dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Melalui Kegiatan Pendamping. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 7(3), 388-398.

Siti dan Wahyudi. (2018). Penerapan Model Think Talk Write Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), P-ISSN 2443-1591, E-ISSN 2460-0873.

Sugiarti, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha 2(1).

Uslan dan Nuriyah. (2018). Model Student Centered Learning (SCL) di Sekolah Dasar (SD) yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. PENDAS MAHAKAM, Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 63-67.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i5.6477