Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Metode Mind Mpping Pada Siswa Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang

Marisa Hamur - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Zainal Abidin - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Ritawati Mahjuddin - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan metode mind mapping di kelas V SDN 10 Bandar Buat, Kota Padang pada tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap pascapenulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi di kelas V SD. Peningkatan proses pembelajaran terlihat pada nilai tahap prapenulisan siklus I dengan rata-rata 75,54%, pada siklus II meningkat menjadi 92,93%. Pada tahap penulisan siklus I rata-rata nilai siswa adalah 67,60%, pada siklus II meningkat menjadi 84,17%. Pada tahap pascapenulisan siklus I rata-rata nilai siswa adalah 67,60%, pada siklus II meningkat menjadi 84,17%. Pada rekapitulasi nilai siswa terlihat jumlah nilai siswa pada siklus I yaitu1.604,94% dengan rata-rata kelas 69,78, dan pada siklus II jumlah nilai siswa meningkat menjadi 1.921,91% dengan rata-rata kelas 83,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi menggunakan metode mind mapping dapat meningkat.

 

Kata Kunci :Keterampilan menulis narasi, metode mind mapping


References


Aderusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. http://aderusliana.Wordpress.com/2007/11/5/konsep-dasar-evaluasi-hasil -belajar/ (online).

Arikunto, Suharsimi, dan Supardi (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Basrowi dan Suwandi.2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Deporter, Bobbi, dkk. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Mizan Media Utama (MMU).

Hakiim, Lakmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: CV WACANA PRIMA

Hamzah, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pres.

Nurromadani. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mnd Mapping) Pada Siswa Kelas IV MI Yaspuri Malang. Jurnal Pendidikan (Volume 1 Nomor 2). 49-51.

Shoumin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Suparno dan Mohammad Yunus. 2015. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT.

Sri & Andayani. 2013. Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Volume 2 Nomor 1). 1-3.

Tarigan. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i4.5874