PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN SD DI KELAS V SD N 04 LAWANG MANDAHILING

Feriani Sari - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Yalvema Miaz - Universitas Negeri Padang
Reinita Reinita - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang masih menerapkan cara mencatat secara tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap hasil belajar pada pembelajaran PKn SD kelas V di SDN 04 Lawang Mandahiling.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment  tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Lawang Mandahiling. Sampel penelitian berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kela VA dan VB. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data berupa uji hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 0,824 dan harga ttabel dengan t(0,05;38) pada taraf signifikansi 5% dan dk 38  adalah 0,031545 sehingga thitung  >ttabel, yang berarti Ha diterima yaitu  terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Mind Map terhadap hasil belajar pada Pembelajaran PKn SD Kelas di SDN 04 Lawang Mandahiling


References


Miaz, Yalvema. 2015. Improving Students’ Achievement of Social ScienceBy Using Jigsaw CooperativeLearningModelat Primary School. Jurnal OSR-JRME (online) (www.iosrjournals.org) (diakses 7 Februari 2019)

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Desyandri. (2014). Peran Seni Musik dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan; Fondasi Dan Aplikasi IP PPs UNY, 2(1), 1–11. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2613

Renita. (2017). The Improvement Application Value of Cultural Character Nation to Students in Civil Learning with Value Clarification Technique Approach List Model in Class IV B SDN 16 TarokDipoBukittinggi. ICSET.vol 118 Tahun 2017. (online)(https://www.atlantis-press.com/proceedings/icset/17/25886593) (diakses 31 Januari 2019)

......... .(2018). Improved Process and Results of Civic Education(Pkn) with Cooperative Model Course Review Horay in Elementary School. Jurnal ICESST (online)(http://icest.fip.unp.ac.id) (diakses 31 Januari 2019)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sutanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group

Wahab, Azis. 2009. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i3.5378