HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PENERIMAAN DIRI SISWA

Febi Rahmadani -

Abstract


Sebagian besar siswa mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain diasumsikan disebabkan oleh gambaran diri yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan konsep diri dengan penerimaan diri siswa.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian siswa SMP 18 Padang berjumlah 635 orang, pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling yang berjumlah sebanyak 245 orang. Pengumpulan datan menggunakan angket dan data dianalisis menggunakan persentase dan Pearson Product Moment Corelation. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) tingkat konsep diri berada pada kategori cukup baik, (2) tingkat penerimaan diri berada pada kategori cukup baik, dan (3) terdapat hubungan positif  yang signifikan antara  konsep diri dengan penerimaan diri siswa dengan koefisien korelasi 0,118 dan taraf signifikansi 0,033.

Kata Kunci: Konsep Diri, Penerimaan Diri, Siswa


Keywords


Konsep Diri, Penerimaan Diri, Siswa

References


Agus Abdul Rahman. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Chaplin. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (Kartini Kartono). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Chaplin. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dini Rahmawati. (2015). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Keterbukaan Diri Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Padang: BK FIP UNP.

E. B. Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ed. 5. Jakarta: Erlangga.

E. B. Hurlock. (2000). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ed. 5. Jakarta: Erlangga.

Getrudis Guna Putri, dkk. (2014). Perbedaan Self Acceptance Pada Anak Panti Asuhan Ditinjau Dari Segi Usia. Jurnal Pendidikan. 5 (1): 6.

J. W. Santrock, (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jallaludin Rakhmat. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juli Hartati, Erlamsyah, &Syahniar.(2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Penerimaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1).

Mitra Erlina Novianty. (2014). Penerimaan Diri dan Daya Juang Pada Wanita Penderita Systematic Lupus Erythematosus (SLE). Jurnal. 2 (2): 1-5.

Muhamad Ali & Muhamad Asrori. (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Ali. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarlito W. Sarwono.(2011). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humaika.

Sesilianus Fau, Firman,& Mudjiran.(2016). Kontribusi Konsep Diri Akademik dan Motivasi terhadap PrestasiBelajar Bahasa Inggris serta Implikasinya dalam Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Bidang Belajar. Jurnal Pendiidkan. 5(4).

Winda,Indah,&taufik.(2016). Hubungan Konsep Diri Akademik Dengan Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2). 35-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i3.5319