PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Trowing di kelas V SD Negeri 52 Parupuk Tabing. Subjek penelitian adalah guru (praktisi) dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata dan persentase dari siklus I dan siklus II. Hasil penilaian RPP siklus I 71,5 % meningkat menjadi 93%. Hasil pengamatan guru siklus I 72% meningkat menjadi 94%. Hasil pengamatan siswa siklus I 72% menjadi 94% dan rata-rata hasil belajar siswa siklus I 71,37 meningkat menjadi 82. Artinya model Snowball Trowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar IPS, model Snowball Trowing
general purpose of the research is to study the results of improvement to describe students in learning model IPS Snowball Trowing in class V SDN52 Parupuk Tabing. The Subject is the teacher (practitioner) and grade V. The results showed that the model of the snowball throwing can improve student learning outcomes.It can bi seen from in the increase in average and precentage of the cycle I and cycle II. Assesment result cycle I 71,5% with an increase to 93%. Teachers cycle observations I 72% increase to 94%. The observations of student cycle I 72% to 94% and the average results of student learning cycle I 71,37 with an increase to 82. This means that the model can improve the results of Snowball Throwing sudent learning
Key words : Social studies, Snowball Trowing Model
References
Ahmad Susanto.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Depdiknas .2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta : Depdiknas
Desyandri. (2014). Peran Seni Musik dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan; Fondasi Dan Aplikasi IP PPs UNY, 2(1), 1–11. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2613
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif . Medan . Media Persada.
Joko. 2006. Penelitian Kalitatif dan Kuantitatif. Bandung: Angkasa.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mulyasa. E. 2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT. Remaja Rosdakara: Bandung
Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Rosda Karya
Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Saur Tampubolon, 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengebangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
Suharsimi Arikonto, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zainal Aqip. 2013 model –model, media, dan strtegi pembelajaran konseptual (inovatif). Bandung : Yrama Widya
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i3.5285