PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE DI KELAS IV SDN 05 2X11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Gayatri Ivo - MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Melva Zainil - PEMBIMBING 1, UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Yanti Fitria - PEMBING 2, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan model Think Talk Write di kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari hasil: (a) RPP siklus I rata-rata 78,22% (B), siklus II 92,8% (A), (b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 81,25% (B), siklus II 96,8% (A), (c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 81,25% (B), dan siklus II 96,8% (A), (d) hasil belajar siswa siklus I rata-rata 77, dan siklus II 87,3. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model Think Talk Write  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Kata Kunci : Hasil Belajar; Pembelajaran matematika; Think Talk Write


References


Aris Shohimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-ruzz media

Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. In Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4 (pp. 163–174).

Fitria, Y., Permanasari, A., Sudargo, F., & Sopandi, W. Elementary Teacher Student Perspective to Natural Science Learning as Accomodate Effort of Need Study Capability. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.677.123&rep=rep1&type=pdf

Fitria, Y. (2016). Refleksi Pemetaan Pemahaman Calon Guru SD Tentang Integrated Sains Learning. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 82-87. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/174

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica. Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i2.5202