Identifikasi Penyimpangan Karakter Guru dalam Dunia Pendidikan Guna Perbaikan Kualitas Tenaga Pendidik

M. Akbar - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Desyandri Desyandri - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Ritawati Mahjuddin - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru oleh siswanya, keluarganya, dan masyarakat luas. Sehingga harus memenuhi beberapa kompetensi, salah satu di antaranya adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian merupakan hal yang berkaitan dengan karakter atau watak, sifat, sikap, dan perbuatan seorang pendidik yang mencerminkan perilaku luhur sesuai dengan nilai-nilai dan kepribadian bangsa. Di era globalisasi dan modernisasi ini muncul beberapa karakter guru yang dikategorikan sebagai penyimpangan karakter, sehingga dikhawatirkan akan ditiru oleh peserta didik dan membuat proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Dalam pembahasan ini diidentifikasi beberapa penyimpangan karakter yang dilakukan guru dalam dunia pendidikan dari aspek penampilan, akademik, proses pembelajaran, kedisiplinan, dan psikologis siswa. Dengan adanya identifikasi ini hendaknya para guru dapat menghindari karakter yang menyimpang tersebut. Pembahasan identifikasi ini mengharapkan terwujudnya sebuah kesadaran untuk introspeksi diri bagi guru atau pendidik dan pihak berkepentingan dalam dunia pendidikan seperti pemerintah, pengawas, dan kepala sekolah. Karena introspeksi diri diperlukan sebagai modal awal mengenali karakter-karakter yang tertanam di dalam diri seorang guru.

References


Djuwita,R.D.2001. Bullying: Kekerasan Terselubung di Sekolah.Depok: Handout Perkuliahan Jurusan Psikologi UI

Faisal, F.2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD( Teori dan Aplikasi).Yogyakarta: Diandracreative.

Hartoyo dan Baedhowi,HB. 2005. Laporan 2005 Learning Round-table on Advanced Teacher Professionalism. Bangkok, Thailand 13 – 14 Juni 2005.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan di Sekolah Dasar.Jakarta: Dirjen Dikdas.

Kunandar,K. 2013. Penilaian Autentik( Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta: Rajawali Pers.

Masaong,A.K.M.2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa,E.M. 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich,M.M. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno dan Manullang. 2010. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Medan: PPs Unimed

Rusman,R. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Subini,N.S. 2012. Awas,Jangan Jadi Guru Karbitan: Kesalahan-Kesalahan Guru dalam Pendidikan dan Pembelajaran.Yogyakarta: Javalitera.

Suryadi,A.S.2014. Pendidikan Indonesia Menuju 2025: Outlook Permasalahan,Tantangan & Alternatif Kebijakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyono,J.W. 2012. Cara Ampuh Merebut Hati Murid. Jakarta: Esensi Erlangga Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i2.5129