Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek
Abstract
Abstrak
Perilaku menyontek adalah suatu kecurangan yang dilakukan oleh peserta didik ketika mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan rumah dan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kontrol diri siswa, (2) mendeskripsikan perilaku menyontek siswa, dan (3) menguji signifikansi hubungan kontrol diri dengan perilaku menyontek pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah 267 siswa SMKN 1 Batusangkar. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner kontrol diri dan kuisioner perilaku menyontek yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 20. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) kontrol diri pada siswa berada pada kategori cukup dengan persentase 62,47%, (2) perilaku menyontek siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 77,08%, (3) dan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku menyontek pada siswa dengan koefisien korelasi -0,363 dan taraf signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Menyontek SiswaReferences
Alhadza. A. (2002). Masalah Menyontek (cheating) di Dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8 (38)
Calhoun J. F. dan Acocella J. R. (1990). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan. (terjemahan RS. Satmako). Semarang: IKIP Semarang
Desyandri. (2018). Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Firman &Karneli, Y., Hariko, R. (2016). Pencegahan Tindakan Kekerasan Melalui Pengembangan Panduan Pelaksanaan Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Problem Solving Dalam Peningkatan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Kota Padang. Padang: FIP UNP
Hartanto, D. (2012). Menyontek: Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks.
Intan Sari, Marjohan, Neviwarni. (2013). Locus of Control dan Perilaku Menyontek Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vo 2 No. 3: 267-272
M. Nur Ghufron & Rini Risnawati. (2010). Teori Psikologi. Jakarta. Ar-Ruzz Media
Nafessa. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek pada Siswa YP MTs Al¬-Azhar. Medan. Jurnal Diversitas UMA, 3 (1), 57-66
Nur Asiah, Taufik, Firman. (2018). Hubungan Self Control dengan kecenderungan Narsistik Siswa Pengguna Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Neo Konseling, Vol 00 No. 00: 1-7
Nursalam. (2012). Intensitas Copyng Answer pada Tes Kemampuan Matematika, Lentera Pendidikan. Vol 15 No.1:32-40
Riska Ahmad. (2017). Teacher Guidance and Counseling Efforts To Prevent Cheating Behaviuor. Atlantis Press
Syilvina Sari, Yusri, Azrul Said. (2016). Kontrol Diri Siswa dalam Belajar dan Persepsi siswa Terhadap Upaya Guru BK Untuk Meningkatkan Kontrol Diri. JPGI, Vol 2 No. 2: 32-37
The Liang Gie. (1995). Cara belajar yang efisien . Yogyakarta: Liberty
Tim Penyusun Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Virza Agustin. (2013). Perilaku Menyontek Siswa SMA Negeri Kota Padang Serta Upaya Pencegahan Oleh Guru BK. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: UNP FIP BK
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i2.5101