Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema IV Subtema III Menggunakan Model Portofolio Kelas V Sekolah Dasar

Ulfah Noor - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Reinita Reinita - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Zaiyasni Zaiyasni - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


This research was motivated by not maximizing student learning outcomes in integrated thematic learning in class V of SD Negeri 01 Belakang Campago Ipuh, Bukittinggi City. The purpose of this study is to describe an increase in learning outcomes in integrated thematic learning with a portfolio model in class V of SD Negeri 01 Belakang Campago Ipuh, Bukittinggi. The type of research is PTK using qualitative and quantitative approaches. Student learning outcomes in cycle I 72.5 increased to 92 in cycle II. Thus, integrated thematic learning by applying the Portfolio model can improve the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 01 Campago Ipuh, Bukittinggi.

Key Word : Result study, PKn, model Portofolio


References


Majid, Abdul.2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. 2015. Model-model pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kunandar. 2008 . Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

I Dwi.A. Ratna Prabarini. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015

Istarani. 2012 . 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Reinita.2011.Pelatihan Pelaksanaan Model Pembelajaran berbasis Portofolio pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Terhadap Mahasiswa Universitas Terbuka (UT ) Semester III di Kecamatan Mungka Kabupaten 50 Kota.

Jurnal Ilmiah Suluah Bendang Vol:XI No 2 Oktober 2011.(http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi.article/view/241)

Reinita.2017. Pelatihan Pendekatan Value Technique model matriks dalam pembelajaran PKN-IPS Bagi seluruh guru SD Kecamatan Talawi Sawah Lunto.Jurnal Pedagogi Vol XVII NO 2 November 2017. (http://pedagogi.ppj.unp.ac.id)

Supriadi,dkk.2014. Efektifitas Pemberian Sanksi Pada Siswa Yang Melanggar Peraturan. Jurnal Pendidikan Volume : 4 Nomor : 8 November 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i1.5065