Perbedaan hasil Belajar Matematika Siswa menggunakan Model Polya Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas v Gugus I Kenagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan

Amilia Putri - Padang State University
Zuryanty Zuryanty - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Melva Zainil - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa menggunakan Model Polya Dengan Model Problem Based LearningDi Kelas V Gugus I Kenagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, dan desain penelitian quasy eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dengan jumlah sampel 20 orang, pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes essay. Hasil penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni 3,2425> 2,101 dengan α =0,05 yang berarti Ha diterima. Rata-rata hasil posttest pada kelas PBL 88,9 dan kelaPolya77,9. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa menggunakan Model Polya Dengan Model Problem Based LearningDi Kelas V Gugus I Kenagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan.       

 

Kata Kunci:Hasil belajar, Matematika, Polya, PBL

References


Desyandri. (2012). The Usage of Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach to Improve Improve the Process and Learning Outcome of Singing to the Student Class III Elementary School YPKK of of Singing to the Student Class III Elementary School YPKK of Padang State Unive. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 36–52. Retrieved from http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/231/135

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2010). MendesainModel Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta:Prenada Media




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i1.4998