PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rekha Afrianti - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Risda Amini - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Elfia Sukma - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrack
The purpose of this research is to describe the improvement of narrative writing skill by using Examples Non Examples models at grade V student of Elementary School. The type of research is PTK by using qualitative and quantitative approach. This research was conducted at SD Negeri 38 Kuranji, Padang city with a total of 26 students consisting of 15 male students and 11 female students. The result of the narrative writing skill in the pre-writing at cycle I 63,4 (C) increases on cycle II 91,3 (SB). The writing phase in the first cycle 59 (K), increased in the second cycle 85 (B), the post-writing phase cycle I 59 (C) increases in cycle II 85 (B).

Keywords: Writting, narrative writing, Examples Non Examples model.

References


DAFTAR RUJUKAN

Amini, R.(2016). Effect of The Use of Project Based Learning and Motivation for Learning Outcomes for Elementry School. Research Report.

Amini, R. 2015. Pengaruh Penggunaan Project Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biology 2015: Universitas Muhammadiyah Malang. (Diakses 3 Agustus 2018).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Huda.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mansur, HR. 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Appersepsi. (http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/327_Menciptakan%20pembelajaran%20efektif%20melalui%20apersepsi.pdf) diakses pada tanggal 3 Agustus 2018.

Tuti, Meylani. 2010. Hubungan Pengetahuan Skemata dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris.

(https://stein.ac.id/e-journal/pn_9/PN_2.pdf) diakses 3 Agustus 2018.

Safitri. 2014. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil oleh guru bahasa Indonesia dikelas VII SMP laboratorium undiksha. (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=163455&val=1349&title=Keterampilan%20Membimbing%20Diskusi%20Kelompok%20Kecil%20Oleh%20Guru%20Bahasa%20Indonesia%20di%20Kelas%20VII%20SMP%20Laboratorium%20Undiksha) diakses pada tanggal 5 Agustus 2018.

Sari. 2016. Pentingnya keterampilan mendengar dalam menciptakan komunikasi yang efektif. (https://media.neliti.com/media/publications/54775-ID-pentingnya-ketrampilan-mendengar-dalam-m.pdf) diakes pada tanggak 5 Agustus 2018

Sukma,Elfia,dan Rahmatina . 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan menggunakan stategi mind map di sekolah dasar.PGSD FIP UNP Padang.(http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4856/3815) diakses 26 Juli 2018.

Sukma, Elfia dan Ahmad Johari Sihes. 2016. Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra di SD. http://ejurnal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/1359/0, diakses 3 Agustus 2018.

Suhanda. 2017. Pengaruh pemberian kekuatan dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Anak Tuha Lampung Tengah. (http://digilib.unila.ac.id/26278/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf ) diakses pada tanggal 3 Agustus 2018.

Suparno. 2017. Menulis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wardiah, Dina. 2014. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas XI SMK Yapek Gombong dengan Metode Examples Non Examples. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/1722 , diakses 24 juni 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4349