Hubungan Antara Keterampilan Membaca Cepat Dengan Kemampuan Pemahaman Isi Bacaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
This research aims to determine the relationship between fast reading skill with the ability to understanding the content of reading class students SDN Gugus II subdistrict Koto tangah Padang city. Type of research is correlation with number of sample 52 student, implemented in class V SDN 17 Bungo Pasang and SDN 45 Bungo Pasang. Test results prove between fast reading skill and understanding the contents of reading strong correlated. Correlation coefficient value of 0,721 and t count value 7.335 > t table 2.02 with a significance level of 0.05%, coefficient of determination 52%. It can be concluded that fast reading skill has significant correlation with the ability to understanding the content of reading 52%.
Keywords: fast Reading Skills, Understanding the Content of Reading
References
Hidayatullah, victor mukhammadenis. 2014. Hubungan antara Minat Baca dengan Kecepatan Membaca Siswa Kelas V SD Negeri Singkar UPT Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Yogyakarta: UNY
Irianto, Agus. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana
Noprina, Winda. 2011. Hubungan Membaca Cepat dengan Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas X SMAN 11 Padang. Padang: UNP
Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian pembalajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru
Fiandra, Oktalis. 2010. Hubungan Kecepatan Membaca Dengan Pemahaman Bacaan Siswa Kelas X SMK 7 Padang. Padang: UNP
Soedarso. 2004. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tampubolon. 2015. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkas
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wainwright, Gordon. 2006. Speed Reading Better Recalling: Manfaat Teknik-Teknik Teruji untuk Membaca Lebih Cepat dan Meningkatkan secara Maksimal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.3016