PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PERMAINAN KARTU BAGI SISWA KELAS I SD

Margaretha Kusumaningsih -

Abstract


The reading capability for the beginners students is still low. The problem is the students can not read well. The object research is to describe how to improve the students reading by cards for the first student at SD Fransiskus Bukittinggi. This research is using classroom research using  qualitatif and quantitatif method. In evaluation prosess the result of 26 students is 86 and after the prosess the result is 88.

 

Kata kunci : membaca; membaca permulaan; permainan kartu

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bahasa Indonesia: Jakarta.

Darmiati Zuchdi Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Depdikbud.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Miles, M.B dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohindi. UI Press : Jakarta. Dalam http://www/blogger.com/feeds/89811256650774004520/post/default/51 87514118013731969. (Diakses 24 Februari 2011).

Ritawati Mahyuddin. 2002. Buku Pedoman Pengajaran Bahasa Indonesia. Dan Sastra Indonesia di Kelas I, II dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Padang : PGSD FIP UNP.

Sabarti Akahadiah. 1991. Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud.

Santosa Puji, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Saleh Abbas. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas

Supriadi. 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta : Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.297