PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih didominasi oleh guru dengan metode ceramah dan guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 20 Lubuk Alung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,45% menjadi 86,5% pada siklus II
References
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : Presentasi Pustakaraya
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Uno, Hamzah, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyasa, E. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2942