PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Nelly Sumarni - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
zuraida zuraida - PEmbimbing 1, PGSD FIP UNP
Nasrul Nasrul - Pembimbing 2, PGSD FIP UNP

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih didominasi oleh guru dengan metode ceramah dan guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 20 Lubuk Alung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,45% menjadi 86,5% pada siklus II

References


Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : Presentasi Pustakaraya

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Uno, Hamzah, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa, E. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2942