Pengaruh Strategi Purpose, Overview, Interpret, Note, Test terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Nining Meliawati - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Nining Meliawati - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Darnis Arief - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Mansur Lubis - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi POINT terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN 10 Sungai Sapih tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih yang berjumlah 154 siswa dengan sampel kelas IVA dan IVB yang masing-masing terdiri dari 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi POINT terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN 10 Sungai Sapih. Hal ini dibuktikan dari uji – t dengan taraf signifikan 5% diperoleh  (5,836) >  (2,000) sehingga Ha diterima.

 

Kata kunci : strategi POINT, membaca, membaca pemahaman.

 

THE EFFECTS OF APPLYING THE ‘PURPOSE, OVERVIEW, INTERPRET, NOTE, AND TEST’ STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT PRIMARY SCHOOLS

 

Abstract

This research aims at finding out the effects of the POINT strategy toward students reading comprehension at Class IV of SDN 10 Sungai Sapih in the academic year of 2016/2017. This experimental research made all the students of Class IVA and IVB were chosen as the samples and each class consisted of 31 students. They were chosen by using the non-probability and purposive sampling techniques. The research result shows that there is an improvement of students’ reading comprehension due to the application of the POINT strategy. It is proven from the t-test with the significant level of 5%, tcount (5,836) >ttable(2.000). Thus, Ha is accepted.

 

Keywords : the POINT Strategy, Reading, Reading Comprehension

 


References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.

Agustina. (2008). Pembelajaran Keterampilan membaca. Padang: FBS UNP.

Ermanto. (2008). Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: UNP Press.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Eliza, Daniati. (2012). Pengaruh Strategi POINT Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 3 Talamau. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (Vol 1 No 1 September 2012; Seri B 87).

Martono, Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali perss.

Nela, Arpa. (2014). Penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note And Test (POINT) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. (online). http://repository.uin-suska.ac.id/5840/ diakses 12 Desember 2016.

OECD. (2013). PISA 2012 Result In Focus. (online). https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/PISA-2012-result-snapshot-Volume-I-ENG.pdf diakses 13 Juli 2017.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sucitayana, I Made, dkk. (2014). Pengaruh Model DRTA terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Literal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus III

Sukawati. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. (Vol:2 No:1).

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Wahyuni, Sry dan Abd. Syukur Ibrahim. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung : Refika Aditama.

Yudaningrum, Eny. (2015). Keefektifan Strategi POINT (Purpose Overview Interpret Note Test) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta. (online). http://eprints.uny.ac.id/18233/1/Eny%20Yudaningrum%2010201244086.pdf. Diakses 12 Desember 2016.

Yusuf, Muri. (2005). Metodologi Penelitian . Padang : UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2847