PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DI SD

Lira Sofnita -

Abstract


This study originated from the phenomenon in schools, where teachers explain many of the concepts to the facts when the IPS learning begins from facts to concepts, so that students' low. This study aims to describe how the design, implementation, and assessment of learning IPS with direct instructional model. Methodology in this research is qualitative research and quantitative research with observations and final test. This study has shown that learning IPS using learning model can directly improve student learning outcomes.

Kata kunci : hasil belajar, pengajaran langsung, pembelajaran IPS.

References


Ambo Saka. 2008. Pendidikan Lintas Bidang. Jakarta: Ganeca Exact.

Andy. 2012 Model Pembelajaran Langsung http://anrusmath,wordpress.com/2012/11/10/3560. (2 Januari 2013)

Asy’ari, dkk.2007.Ilmu Pengetahuan Sosial SD Untuk Kelas III.Jakarta: Erlangga.

Basrowi, 2008.Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Beni Ahmad, 2008.Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

BSNP. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

Deka.2012. Strategi Model Pembelajaran Langsung.http://www.inforppsilabus.com/2012/03/strategi-model-pembelajaran-langsung.html (5 juli 2012)

Hanif Nurcholis,dkk. 2006. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Haryanto. 2007. Sain Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga.

Igak Wardhani, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ischak Su, dkk. 1997. Buku Materi Pokok Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Depdikbud.

Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: Raja Wali Pers.

-----------. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Wali Pers.

Lukmanul Hakim. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Muh ismail Ilyas. 2008. Ilmu Pendidikan Praktis. Jakarta: Ganeca exact.

--------------------. 2008. Ilmu Pendidikan Teoritis. Jakarta: Ganeca Exact.

Mulyani Sumantri, dkk. 2008.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana Sudjana. 2004. Dasar-dasar Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Nursid, Sumaatmadja, dkk. 2000. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rositawati. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengatahuan Alam. Jakarta. Depdiknas.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Pers .

Sri Anitah, dkk. 2007. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi, Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Taufina Taufik, 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang. Suka Bina Press.

Tim Bina Karya Guru. 2008. IPS Terpadu. Jakarta. Erlangga.

Trianto, 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.254