PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SD

Didi Syahrir -

Abstract


Starting from the problem that: Often Teachers teach a lesson using the method of lecture, question and answer so that students are bored in learning. Teachers in the learning process that is active while students passively, Because students learn more individualistic eventually many students score below the KKM. Based on the research that has been Carried out using the Model Cooperative Study Think Pair Share, IPS student learning outcomes can be improved.


Keywords: learning outcomes; teaching social studies; model of cooperative Type Think Pair Share

References


Abdul Aziz Soebandi. 2008. Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Septia.

Arief Achmad. 2005. Pembelajaran Pendidikan IPS di Tingkat Sekolah Dasar.Tersedia di http//re-searchengines.com/0805arief7.html.diakses 23 November 2012.

Emzir. 2007. Mefodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: CV Raja Grafindo Persada.

Etin Solihatin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: BumiAksara.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implikasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: CV Raja Grafindo Persada.

Masnur Muclish. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual.cetakan ke-6.Jakarta: BumiAksara.

Nur Asma. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. UniversitasNegeri Padang Press. Padang: UNP Press.

Oemar Hamalik. 2007. Proses belajar mengajar. jakarta: Ikrar Mandiriabadi.

Pebriyenni. 2009.Pembembelajaran IPS II (kelastinggi). Padang: Direktorat Jendral Pendidikan Tinngi Departemen Pendidikan Nasional.

Sisdiknas. 2007. Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun 2003). Jakarta: SinarGarfika.

Suharsimi Arikunto.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan ke-9.Jakarta: BumiAksara.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Suoardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Slavin, E, Robert. 1995. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Yatim Riyanto. 2010. Pradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: KencanaPerdana Group.

Wina Sanjaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Depdiknas, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Anas Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Standar Kompetensi Dasar dan Kompetensi Dasar. Jakarta: BSNP.v

Depdiknas. 2006. Pengembangan Silabus. Jakarta: Depdiknas.

................... 2007. Pengembangan KTSP Berdasarkan Standar kompetensi dan kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas.v

Etin Solihin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Hari Sudradjat. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 2007. Jakarta: Depdiknas.

Nur Asma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang : UNP PRESS.

Robert E. Slavin. 2002. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Rian Yusra. 2008. Skripsi Studi Tentang Pemberian Kuis Diiringi Reward dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Padang: UNP.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudrajat. 2005. Penilaian Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.244