PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI DENGAN PENGGUNAAN METODE DRILL BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Rosa Nofrita -

Abstract


The purpose of this study was to describe the planning, execution and assessment of improved dancing skills use drill method for third grade students. Type of this research was Classroom Action Research. The results of assessment dancing skills have the average value were 65.9 in the first cycle and the second cycle increase to 77.8. Thus, it can be concluded that using drill method in teaching dancing to third grade students can improve their skills.

Kata Kunci : keterampilan; menari; dan metode drill.

References


Depdiknas. 2006. Standar kompetensi dan kompetensi dasar. Jakarta : Depdiknas.

Frahma Sekar Ningsih dan Heny Rohayani. 2006. Kajian lanjutan pembelajaran tari dan drama I. Bandung : UPI Press.

Hamzah B Uno. 2011. Perencanaan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar. 2010. Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta : Rajawali Pers

Masnur Muslich. 2011. KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyasa. 2007. Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Purwatiningsih & Ninik Harini. 1998/1999. Pendidikan seni tari-drama. Jakarta : Depdikbud.

Sriyono. 1992. Teknik belajar mengajar dalam CBSA. Jakarta : Rineka Cipta.

Udin S. Winataputra. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.225