MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN PECAHAN PENYEBUT BERBEDA DENGAN PENDEKATAN CONTECXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD

Yasmi Yasmi -

Abstract


This study is a class action that aims to improve learning outcomes different from the sum of fractional denominator approach Contextual Teaching and Learning (CTL) in Class V school students Bustanul Ulum Semen Padang. The approach used is a qualitative and quantitative approach. The data source is a learning process and outcomes of the implementation of the sum of fractions with different denominators using the approach of Contextual Teaching and Learning (CTL).

Kata Kunci : hasil belajar siswa, penjumlahan pecahan penyebut berbeda, pendekatan contecxtual teaching and learning (ctl)

References


Depdiknas. 2006. kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: depdiknas

Kunandar. 2007 : 44 Hasil Belajar ( http:/ahli-defenisi-blogspot.com/2011/2 diakses 16 Pebruari 2011

Muslich, Masnur.2009.KTSPPembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual. Jakarta : Depdiknas

Suwantri.2007.Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif dengan

Pendekatan Kontekstual. Google, (online), (http:// www.wordpress.com /2007/08/01). diakses 10 Januari 2011

Wardhani. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Wina , Sanjaya. 2005.Pembelajaran dalam Implementasi KBK.Jakarta; Kencana

Yuwono, 2011. Pembelajaran Matematika Secara Membumi.Malang: Universitas Negeri malang

(http://samrit-amq.blogspot.com/PendekatanKontekstual//makalah- inidisampaikan-pada-seminar.Html). Diakses pada 02 januari 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.219