PENINGKATAN HASIL BELAJAR LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG- LAYANG DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI SEKOLAH DASAR

Afrisma Dewi -

Abstract


This study aimed to describe the planning, execution, and improved learning outcomes trapezoidal broad flat wake and kite in class V SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi. The method used the cooperative model type Student Teams Achievement Divisions (STAD). The approach used in this study is a qualitative approach. Data collected through observation, testing, and observation sheets. The results obtained in this finding RPP 93%, 92.86% implementation, students' cognitive aspects of 85.47, 85.28 and affective aspects of psychomotor aspects of 85.22 in the second cycle

Kata kunci  :  hasil  belajar,luas trapesium dan layang-layang, model  cooperative       learning: (stad)

References


Depdiknas.2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Etin Solihatin.2005.Cooperative learning Analisis Model pembelajaran IPS.Jakarta:

Bumi Aksara.

Rahim Farida.2005. Pengajaran membaca di Sekolah Dasar.Padang Bumi Aksara.

Hamdani Henny.2010.Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 8 Tanjung Bonai Aur Kabupaten Sijunjung.Padang:UNP

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurasma.2006. Model Pembelajaran Cooperative.Jakarta: UNP Press

Robert L Slavin. 2008.Cooperative learning.Bandung: Nusa Media.

Sumantri Mulyani dan Permana Johar.1998.Strategi Belajar Mengajar. Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan.

Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Mengajar.Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Supriyadi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Tersedia dalamhttp://akhmadsudrajat.wordpress.com//2008/01/21/penelitian-tindakan-kelas. (diakses tanggal 18 mei 2012)

Suwarno dan Slavin. Keunggulan Cooperative.(http//google keunggulan cooperative, (diakses tgl 2 Juli 2010)

Wijaya Kusumah. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Permata Puri Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.208