PENINGKATAN HASIL BELAJAR LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG- LAYANG DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI SEKOLAH DASAR
Abstract
This study aimed to describe the planning, execution, and improved learning outcomes trapezoidal broad flat wake and kite in class V SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi. The method used the cooperative model type Student Teams Achievement Divisions (STAD). The approach used in this study is a qualitative approach. Data collected through observation, testing, and observation sheets. The results obtained in this finding RPP 93%, 92.86% implementation, students' cognitive aspects of 85.47, 85.28 and affective aspects of psychomotor aspects of 85.22 in the second cycle
Kata kunci : hasil belajar,luas trapesium dan layang-layang, model cooperative learning: (stad)References
Depdiknas.2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Etin Solihatin.2005.Cooperative learning Analisis Model pembelajaran IPS.Jakarta:
Bumi Aksara.
Rahim Farida.2005. Pengajaran membaca di Sekolah Dasar.Padang Bumi Aksara.
Hamdani Henny.2010.Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 8 Tanjung Bonai Aur Kabupaten Sijunjung.Padang:UNP
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nurasma.2006. Model Pembelajaran Cooperative.Jakarta: UNP Press
Robert L Slavin. 2008.Cooperative learning.Bandung: Nusa Media.
Sumantri Mulyani dan Permana Johar.1998.Strategi Belajar Mengajar. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Mengajar.Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Supriyadi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Tersedia dalamhttp://akhmadsudrajat.wordpress.com//2008/01/21/penelitian-tindakan-kelas. (diakses tanggal 18 mei 2012)
Suwarno dan Slavin. Keunggulan Cooperative.(http//google keunggulan cooperative, (diakses tgl 2 Juli 2010)
Wijaya Kusumah. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Permata Puri Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.208