PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
This research background by low learning results obtained by students in learning science in the classroom V SDN 02 Teratak Teleng Northern Bayang District. The purpose of this research is to improve student learning results in learning science using inquiry approaches. The research method used was Qualitative and Quantitative research through observation and final test. The results showed that learning science using inquiry approaches can improve learning results.
Kata kunci : pelaksanaan, hasil pembelajaran IPA
References
Suharsimi Arikunto,. (1995). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Darmodjo Hendro. 2004. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BNSP.
Hamalik. 2004. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung : CV. Sinar Baru Algesindo.
Hamalik Oemar.2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
Hamzah, dkk. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Haryanto. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Jihad Asep. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Perssindo
Kunandar.2010. Guru Profesional Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Rajawali Pers
Maslichah. 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Musianto Lukas S.. 2002. Perbedaan Pendakatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Tersedia dalam (online). Jurnal tidak diterbitkan. Jakarta : Universitas Kristen Petra
Ngalim Purwanto. 2006 Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2011. Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya Wina.2009. Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana
Stephen Kemmis, dan Robin Mc. Taggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria : Deakin University.
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Taufik Taufina. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang:Suka Bina Press.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.199