PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY DI KELAS IV SD

Len Suryan -

Abstract


The research was conducted because of low science learning result in the fourth grade of Elementary School 31 Batang Barus Solok, and a classroom action research (CAR), consists of two cycles, four stages: planning, implementation, observation and reflection. This study is using Discovery Approach. It showed an increase in learning result, cycle I 68.43, second cycle of 77.62. So it can improve learning outcomes Fourth grade students of Elementary School 31 Batang Barus Solok.

Kata Kunci: pembelajaran IPA, pendekatan discovery

References


Asy’ari, Maslichah. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Setia

Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasia Kompetensi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi

Dewiki Santi, Yuniati Sri. (2006). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka

Hamalik Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kusnandar. 2008. Guru Profesional Eplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Nuryani R. 1998. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang. Malang: UM Press

Suryosubroto (2002). Perkembangan Usia Anak. Jakarta. http://raysuryo. worpress.com

Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rustam (2002). Penelitian Tindakan Kelas. http://klinik pembelajaran.com/booklet/penelitian tindakan kelas.pdf.

Soemarno. (1994). Desain Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Pustaka Setia

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Wahyono, Budi 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Widodo A .2006. Pendidikan IPA di SD.Jakarta: UPI RESS

Winy R. 2012. Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pada Konsep Cahaya di SDN Pasirangin di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Jakarta. Unversitas Pendidikan Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.193