PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR SIMETRIS DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD

Nurhayati Nurhayati -

Abstract


Penelitian ini dilatorbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun datar simetris di kelas IV SD Negeri 05 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.pembelajaran bangun datar simetris guru belum  menggunakan benda konkret. Mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan matematika realistik.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian siklus I aspek perencanaan dengan rata-rata  82%,  aspek guru dengan rata-rata 71%  aspek siswa dengan rata-rata  67%, hasil kognitif dengan rata-rata 67%, afektif dengan rata-rata 68%, psikomotor71%. pada siklus II aspek perencanaan 97%, aspek guru 89% dan dari aspek siswa 86%, hasil kognitif menjadi rata-rata 90,3%, afektif 82%. Psikomotor 80%.

Kata Kunci : hasil belajar, bangun datar, simetris dan matematika realistik.

References


Tarigan Daitin, 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan

Depdiknas, 2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar.Jakarata BNSP

Lufri,dkk.2007.Strategi Pembelajaran Biologi.Padang : Suka Bina Press

Permata M. 2008.Sebangun dan Simetri. Jakarta : CV Utan Kayu Sejati

Mahyudin Ritawati dan Ariani Yetti. 2007. Hand Out Metode Penelitian Tindakan Kelas. Padang: UNP Press

Wiriaatmaja Rochiati, 2005. Metode penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rosdakarya

Subarinah Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas

Suwangsih Erna. 2006. Model pembelajaran Matematika. Bandung : Upi Press

Widi M.2007. Mengenal Bangun Datar. Bandung:Cahaya




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.185