Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda Dengan Model Pembelajaran Cooperatife Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di kelas V SD
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah pada pembelajaran pengurangan pecahan berpenyebut berbeda di kelas V SD Negeri 20 Luhak Nan Duo, guru masih mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Siswa kurang aktif dan kurang bekerja sama. Menyikapi kenyataan di atas, diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk mendeskripsikan rencana, pelaksanaan, dan hasil belajar kooperatif tipe (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian siklus I perencanaan diperoleh 81%, aspek guru 75% aspek siswa 67%, hasil belajar 67. Siklus II perencanaan diperoleh hasil 91%, aspek guru 88% aspek siswa 84%, hasil belajar meningkat 80,2. Maka dapat dikatakan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran pecahan berpenyebut berbeda.
Kata Kunci : hasil belajar, pecahan, berpenyebut berbeda, stad
References
Aderusliana, 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar
http://aderusliana.workpres.com/2007/11/05/konsep-dasar-evaluasi-hasil-belajar/diakses tanggal 14 Juli 2012
Isjoni, 2011, Cooperative Learning, Bandung : Alfabeta
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.
Asma, Nur, 2008, Model Pembelajaran Kooperatif, Padang : UNP PRESS
Hamalik, Oemar.2008.Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksara
Mahyuddin, Ritawati dan Ariani, Yetti, 2008, Hand Out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Padang : UNP
Rusman, 2010, Model- model Pembelajaran, Jakarta : Rajawali pers
Slavin, Robert E., 2009, Cooperative Learning, Bandung : Nusa Media
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Impelementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Penada Media Group.
Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi, Standar, Proses, Pendidikan, Jakarta : Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.184