Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Penyebut berbeda Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Jusri Zanti -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda guru belum menggunakan benda konkret dari permasalahan nyata terjadi dalam kehidupan sehari hari,untuk meningkatkan asil belajar dengan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas , menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I perencanaan diperoleh  70%, pelaksanaan  aspek guru 72%, aspek siswa 66%,  nilai  siswa 67,1.  siklus II  perencanaan diperoleh  89%, tahap pelaksanaan  aspek guru 93%, aspek siswa 88%,  hasil tes akhir siswa meningkat menjadi 81,6. dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda .

 

Kata Kunci: hasil belajar, pecahan penyebut berbeda ,rme

References


Dian Armanto. 2010. Membangun Kesadaran Bermatematika Dalam Kehidupan Sehari-hari. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Realistik di IAIN Imam Bonjol Padang. Padang 10 April.

Harun Rasyid, dkk. 2007. Penilaian Hasil Belajar.Bandung : CV Wacana Prima

Kunandar.2008.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

I.G.P Suharta. 2001. Pembelajaran Pecahan dalam Mathematics Realistik. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional ”Realistic Mathematics Education” (RME) di Jurusan Matematika FMIPA UNESA. Surabaya. 24 Februari.

Megawati.2004. Pembelajaran Melalui Pemecahan Realistik Untuk Memahami Konsep SPI, Dua Variabel Pada Siswa Kelas II SLTP Suppa. Malang : Universitas Negeri Malang (Tesis Tidak Diterbitkan)

Oemar Hamalik.2008.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :BumiAksara

Ritawati Mahyudin, dan Yetti Ariani.2007.hand out mata kuliah penelitian tindakan kelas.tidak di terbitkan .PGSD UNP .Padang.

Sukajati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan Di SD Menggunakan Berbagai Media. Yogyakarta: Depdiknas.

Suharsimi,dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara

Sutarto Hadi. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip

Zulkardi. 2001. PMRI Mamang Beda.(Online)

http://www.pmri.or.id/artikel/index.php?main=3 akses tgl 26 desember 2012 20:37.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.182