Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD

Isnaini Isnaini -

Abstract


Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 12 Kinali, guru kelas IV dalam mengajarkan Matematika masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, dan hasil belajar rendah.. Pendekatan konstruktivisme ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri. Langkah-langkah pembelajaran konstruktivisme, Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,  Hasil siklus I pada perencanaan diperoleh hasil 72%, aspek guru 73%, aspek siswa 66%, hasil tes rata-rata 65,6. Siklus II perencanaan 89%, aspek guru 91%, aspek siswa 86%, hasil tes siswa meningkat menjadi 77,1. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : hasil belajar, pecahan dan konstrutivisme

References


Ambarita, Alben. 2006. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika. Jakarta: Depdiknas

Lufri .2009. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang : Sukabina Press.

Nur, Muhamad dan Prima Retno Wikandari. 2004. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Dalais, Mursal. 2007. Kiat Mengajar Matematuika di Sekolah Dasar. Padang: UNP Pres.

Harun, Mardiah, dan Yetti Ariani. 2010. Matematika Pemahaman dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Padang : Sukabina Press.

Sutarno, Nono. 2007. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mahyuddin, Ritawati dan Ariani, Yetti. 2008. Hand Out Mata Kuliah Metodelogi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: FIP Universitas Negeri Padang (tidak diterbitkan).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta Bandung

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.181