Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbantuan KineMaster Materi Siklus Air di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amini & Sulastri (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi KineMaster Berbasis RADEC Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD.
Agustina, N., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis pedagogical content knowledge terhadap buku guru IPAS
Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104
Astimar, N., & Indrawati, T. (2014). Penggunaan Model Pbl Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar X Tanah Datar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 98. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4318
Darmawan, A. (2018). Membuat Media Video Pembelajaran. In Jakarta: Pusat Teknologi Informasi
Dailytech dan Maaruf (2020). Fitur- fitur KineMaster
Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunanakan Canva Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 950–961. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5274
Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4, 163–174. https://ejournal.unpatti.ac.id/ppr_paperinfo_lnk.php?id=1720
Fajariyah, L.A. (2018). Kinemaster: Mobile- based digital storytelling in the EnglishInstructions. Proceeding of the 14thJETA National Conference,Yogyakarta.(152-161)
Femalia, D. H., & Ahmad, S. (2021). Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga serta Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3698–3708.
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5 (4), 2431
Intan Nurhasana. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 217–229. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v2i2.573
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta : Kencana, 12– 14
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media PeKustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.mbelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyani, D. K. (2022). Aplikasi Kinemaster sebagai MediaPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–27. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.4
Nasution, S. W. (2021). Prosiding Pendidikan Dasar. Terdapat pada URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rizki Lestari, Jasiah, Setria Utama Rizal, N. I. S. (2023). Pengembangan Media Video Pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas v SD. 7(1), 34–43.
Rochimah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Skripsi.
Sakina, N., Amrah, & Hotimah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas II. Nubin Smart Journal, 3(1), 104–114.
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media, 2(Yogyakarta), 100. www.aging-us.com
Slb, D. I., & Lubuk, N. (2021). Untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan. 1–148.
Sumiharsono, R. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi.
Susanawati, V., & Setiawati, E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pq4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review) Pada Materi Perjuangan Kerajaan Banten Melawan Penjajahan Belanda. SwarnaDwipa, 4(1), 36–42.
Syadida, Q., & Erita, Y. (2022). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis. Smart Apps Creator Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Praktek.
Yuliana, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis KineMaster pada Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Kubus Satuan di Sekolah Dasar.http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48375%0Ahttp://repository.unp.ac.id/48375/1/B.1_06_ELSA_YULIANA_19129109_5398_2023.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.16323