Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Comic Berbasis “RADEC” pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran ( Vol. 1, No. 1), 77-89.
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model radec pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435-1443.
Azis, L., & Asih, T. (2022). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Animated Menggunakan Model Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Materi Sistem Respirasi Kelas Xi. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 59-73.
Budiarti, W. N., Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia (Vol. 4, No. 2), 233 – 242
Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17.
Juanda Nickolas Isac, dkk. 2015. Perancangan Komik Pembelajaran BertemakanFabelUntuk Pembentukan Karakter Pada Anak. Surabaya : Jurnal Desain Komunikasi FakultasSeni dan Desain Universitas Kristen Petra
Lestari, I. D. (2022). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Model RADEC Pada Subtema “Manfaat Energi” Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 71-76.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Posdakarya
Mandasari., D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Komik pada Materi Sumber Daya Alam kelas IV di MIN Pesisir Selatan. Skripsi. Tidak diterbitkan Padang: UIN Imam Bonjol
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Nurrita., T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syariah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Pohan, A.A., Yunus, A., & Andoyo, S. 2020. Model Pembelajaran RADEC Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa. 250-258
Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203.
Santrinawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2015). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61-72
Sopandi, W. 2017. The Quality Improvement of Learning Processes and Achievements through the Read-Answer-Discuss-Explain-and Create Learning Model Implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.
Tilova, S. N., & Amini, R. (2022). Sindi Natri Tilova Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis RADEC di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1099-1110.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model pembelajaran RADEC sebagai alternatif dalam meningkatkan higher order thinking skill pada pembelajaran IPA di sekolah dasar: Systematic review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508-5519.
Yulhaqqi, A., & Amini, R. (2022). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 351-359.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i3.15265