Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Comic Berbasis “RADEC” pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar

Mega Ningsih - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Risda Amini - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah untuk dipahami siswa.Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang baru, yang disesuaikan dengan minat dan kesukaan siswa terutama siswa kelas tinggi. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berupa Comic berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan media pembelajaran Comic ini menggunakan model 4-D. Model ini mempunyai empat tahapan pengembangan yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Penelitian ini dikerjakan sampai tahapan develop yakni uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas ini diuji oleh validator sebanyak 3 orang dosen sedangkan uji praktikalitas dinilai oleh 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas IV. Hasil dari penelitian diperoleh media pembelajaran yang valid dan praktis, dengan tingkat validitas sangat valid 72,5% ; 95% dan 87,5% untuk materi, media dan Bahasa. Serta tingkat praktikalitas guru dan siswa SDN 26 Air Tawar Timur sebesar 92,5% dan 92,1 % dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Comic Pembelajaran hasilnya valid dan sangat praktis sehingga media pembelajaran Comic dapat digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran

Keywords


Radec; Integrated Learning; Comic; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran ( Vol. 1, No. 1), 77-89.

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model radec pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435-1443.

Azis, L., & Asih, T. (2022). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Animated Menggunakan Model Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Materi Sistem Respirasi Kelas Xi. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 59-73.

Budiarti, W. N., Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia (Vol. 4, No. 2), 233 – 242

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17.

Juanda Nickolas Isac, dkk. 2015. Perancangan Komik Pembelajaran BertemakanFabelUntuk Pembentukan Karakter Pada Anak. Surabaya : Jurnal Desain Komunikasi FakultasSeni dan Desain Universitas Kristen Petra

Lestari, I. D. (2022). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Model RADEC Pada Subtema “Manfaat Energi” Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 71-76.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Posdakarya

Mandasari., D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Komik pada Materi Sumber Daya Alam kelas IV di MIN Pesisir Selatan. Skripsi. Tidak diterbitkan Padang: UIN Imam Bonjol

Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).

Nurrita., T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syariah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pohan, A.A., Yunus, A., & Andoyo, S. 2020. Model Pembelajaran RADEC Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa. 250-258

Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203.

Santrinawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish

Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2015). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61-72

Sopandi, W. 2017. The Quality Improvement of Learning Processes and Achievements through the Read-Answer-Discuss-Explain-and Create Learning Model Implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.

Tilova, S. N., & Amini, R. (2022). Sindi Natri Tilova Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis RADEC di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1099-1110.

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model pembelajaran RADEC sebagai alternatif dalam meningkatkan higher order thinking skill pada pembelajaran IPA di sekolah dasar: Systematic review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508-5519.

Yulhaqqi, A., & Amini, R. (2022). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 351-359.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i3.15265