Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Team Games Tournament di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, A., Elfia, S., & Nur, A.A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas. Journal Of Basic Education Studies. 5(1), 4 – 11.
Astuti, W & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournamen Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(3), 155 – 162.
Darmadi. (2017). Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Desyandri, D., & Finoriya, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 58. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107576
Desyandri, D., & Maulani, P. (2019). Penerapan Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 3(2), 58–67. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd58
Desyandri, D., Yeni, I., Mansurdin, M., & Dilfa, A. H. (2021). Digital Student Songbook as Supporting Thematic Teaching Material in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 342–350. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.36952
Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Ibadullah, M & Ani, K. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magenta: CV Ae Media Grafika.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
_____. (2014). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 66 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Maryani, I & Martaningsih, S.T. (2015). Correlation between teacher’s PCK (Pedagogical Content Knowledge) and student’s motivation in primary School. International Journal of Evaluation and Research in Education. 4(1), 38 – 44.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Putri, K & Syifa, M.A. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1), 1 – 27.
Sari, D.D & Hamimah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Wordwall di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar (e-JIPSD). 11(1), 148 – 159.
Subagyo, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menentukan KKM Melalui MGMPS di SMA Panca Bhakti Magenta Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Jurnal Manajemen dan Teknologi Pendidikan. 4(4), 516 – 526.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A., Suhardjono & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Surya, Y.F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), 154 – 163.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
_____. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Tukiran, T. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Alfabeta.
Uno, H. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT). Journal of Elementary Education. 2(1), 45 – 53.
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S.E. (2020). Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1), 23 – 34.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i2.14874