Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dahliya, L., Suparman, S., & Yuliadi, I. (2022). Pengaruh Penerapan Media Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Diklat Konstruksi dan Utilitas Gedung. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 933–942. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4354
Dasmianti & Melva Z. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 02 Jambak Pasaman. 4(1), 1793–1803.
Dewi, B. A., & Masniladevi. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2952–2968. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4068
Diba, S. F., Bharata, H., & Widyastuti. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(3), 236–247.
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, M., Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Lestari, kurnia E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Masniladevi, N. M. &. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar FBB Dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2502–2507.
Nasution, W. S. L. (2022). Pembelajaran Discovery Learning Dan Accekerated Learning Pada Materi Integral Di Man 4 Martubung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 1–11.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Rahma, A., & Masniladevi, M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 75. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10406
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Slamet, R., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. In Metode Penelitian Kualitatif. Deepublish.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sukardi, S. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (edisi revi). Bumi Aksara.
Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling (Cetakan Pe). UNJ Press.
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi.
Syafril. (2019). STATISTIK PENDIDIKAN (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.
Zainil, M., & Masniladevi, M. (2019). Pengembangan Media Kotak Matematika Multifungsi Menggunakan QR Code.
Zainil, M., Rahmatina, Indrawati, T., Dhea, F. I., & Camara, R. Y. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan 6 C Siswa Sekolah Dasar. IAIN Jember Press, 19129113, 1–23.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i3.14687