Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Rajawali Press.
Anggraeni, P. (2018). Analisis Keterkaitan Antar Komponen Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Sumedang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069
Arwin, A. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dengan Model Quantum Teaching Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102699
Asrohah, K. dan. (2014). Pembelajaran Tematik. Rajawali Press.
Dinata, T. P., & Reinita, R. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1189–1202. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/584
Fariyatul, E., & Bandono, A. (2017). The use of value clarification technique-based- picture story media as an alternative media to value education in primary school. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 17(1), 68. https://doi.org/10.15294/harmonia.v17i1.7469
Hafidhoh, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. AT-TAHDZIB Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6 No 01(July), 50–58. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/205
Jihad, Asep & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Kemendikbud. (2014). Kurikulum 2013. Kemendikbud.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Grafindo.
Merantika, J., & Lena, M. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Pendekatan Value Clarification Technique (Vct) Model Matriks di SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan …, 6. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/5067%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/5067/3718
Nisak, F., & Yulkifli, Y. (2021). Development of electronic module using inquiry based learning (IBL) model integrated high order thinking skill (HOTS) in 21stcentury physics learning class X. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012085
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Reinita. (2017). Peningkatan Penerapan Nilai Karakter Bangsa Menggunakan Pendekatan Vct Model Daftar Berorientasi Reading Lite Racy Pada Pembelajaran Pkn Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding : Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–17.
Reinita, R. (2019). Training on matrix model value clarification technique approach in PKn-IPS learning for elementary school teachers in Talawi Sawahlunto sub-district. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(3), 121–128. https://doi.org/10.24036/4.128
Risvanelli, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 44–56. https://doi.org/10.29210/02017116
Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. JURNAL PENDIDIKAN MADRASAH: (Journal of Madrasah Education), 2(1), 13–22. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1429%0Ainternal-pdf://0.0.2.29/1429.html
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142
Widyastono, H. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Zuryanty, Z., Hamimah, H., & Zein, M. (2017). Factors Affecting Elementary School Teacher Readiness on Implementing Curriculum in West Sumatera. 4th International Conference on Technical and Vocation Education and Training Padang, 660–665.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i3.14624