Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Mesyta Ayu - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to describe the application of inquiry learning strategies in integrated thematic learning in grade IV elementary schools. This research is motivated by learning that is still teacher center, the teacher does not provide direct experience, learning seems inflexible so that students are less active in learning. Inquiry learning strategy is a learning strategy that places students as learning subjects who are given extensive opportunities to carry out activities to observe, investigate, conduct experiments by emphasizing critical and analytical thinking processes to find answers to question they ask themselves with or without the help of the teacher. This study uses the method of literature study through literature review to strengthen the analysis of various sources used. Research data collection was carried out by researchers by browsing articles contained in online journals using google scholar and documentation studies in libraries. The keywords used for journal search are inquiry learning strategies, thematic integrated. From result of the analysis of 15 articles, it shows that the application of inquiry learning strategies is effective for integrated thematic learning in primary schools.


Keywords


Strategi Pembelajaran Inkuiri, Tematik Terpadu

Full Text:

PDF

References


Adi Winanto & Darma Makahube. 2016. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Jurnal pendidikan dan kebudayaan.

Ahmad. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Cara-Cara Menghadapi Bencana Alam Di Kelas Vi Sd Negeri 2 Juli. Jurnal pendidikan dasar (JUPENDAS), 3 (1)

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media group

Aminati, Arfiani Yulia & Purwoko, Budi. 2013. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Resolusi Konflik Interpersonal. Jurnal BK UNESA. 03 (01), 222-235

Asnirayani & Zariul Antosa & Mahmud Alpusari. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SDN 21 Balai Makam Kecamatan Mandau. Jurnal online mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas riau. 4(1), 1-11

Burhanah Farida. 2018. Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV di SDN 4 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2 (1), 64-67

Darmansyah & Darman Regina Ade. 2017. Strategi Pembelajaran. Bukittinggi: Erka CV. Rumahkayu Pustaka Utama.

Dea Yantono Putri & Asep Kurnia Jayadinata & Herman Subarjah. 2017. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Energi Bunyi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon). Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1)

Desyandri dan Vernanda, Dori. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Jurnal Pedagogika. ISBN : 978-602-51434-0-3.

Dewi, Ratna. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 15(1).

Elniyeti & Yuslianti. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (Spi) Siswa Kelas Iv Sd Negeri 001 Koto Taluk Kuantan. Jurnal GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 6(2).

Fatmawati. 2017. Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Pada Tema Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Di Kelas III Sd Negeri 06 Pekan Selasa Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Menara Ilmu. Vol XI, No 74. ISSN 1693-2617.

Fitriana, Maulida & Haryani, Sri. 2016. Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 10, No 1, 1702-1711.

Hartatik, Sri (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Sistem Administrasi Pemerintahan Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas Vi Sd Negeri 1 Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 5 (1)

Hidayat, Sholeh. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran. Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Juita Purnamasari, Yunisrul, & Desyandri. 2018. Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas I Sdn 15 Ulu Gadut Kota Padang. e – Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 6,(1), 11-24.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maharani, Bekti Yeni Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Vol 1(5). Hal 549-561

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandumg: PT Remaja Rosdakarya

Mudlofir Ali & Rusydiyah Evi Fatimatur. 2019. Desain Pembelajaran Inovatif. Depok: Rajawali Pers

Nabila Yuliana, Naniek Sulistya Wardani, & Tego Prastyo. 2019. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Teams Games Tournament. Journal of Education Action Research Volume 3, No 2, 80-89. P-ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272.

Nasution Sartika Rati Asmara. 2020. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Dengan Strategi Inkuiri Pada Tema Lingkungan Di Kelas Iii Sdn 1001004 Sitinjak. Jurnal Education and development, 8 (1)

Ni Luh Putu Sri Nariastini & I Komang Sudarma & I Gede Astawan. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1)

Nurhayati Syarifah & Eddy Noviana & Otang Kurniaman. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SDN 006 Redang Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal online mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas riau. 4(1), 1-13

Putra, Chandra Anugrah & Nikita Dewi. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi.

Rahmad Basuki & Rosalia Susila Purwanti. 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Dengan Strategi Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, Milya & Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 6 (1), 41-53

Siregar, M. Deni, Yunitasari & Dukha. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Mi Nw Kelayu Jorong. Jurnal Educatio, 12(1), 68-82.

Sugianto, Bambang & Marhayani. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Selami IPS, 1 (45)

Taufina & Ratih Maistika. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Pembelajaran Paikem Gembrot Di Kelas IV Sekolah Dasar. International Conference on Educatio

Taufik, Taufina. 2015. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal UNP.

Taufik, Taufina & Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press

Weriyanti & Firman &Taufina & Zikri Ahmad.2020. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Strategi Question Student Have Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (2), 476- 483

Widyastuti Fransiska Pury, Mawardi, & Krisma Widi Wardani. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, Vol 1, No 1, 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v8i3.10468