Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Gustia Aufa - Universitas Negeri Padang

Abstract


Writing this literature study is motivated by the low learning outcomes of students in elementary schools due to the less optimal application of the learning approach and the lack of visible application of the characteristics of integrated thematic learning. In the learning process the teacher still uses conventional teacher-centered teaching methods so that students become passive and the potential in students does not develop. This study aims to analyze the application of a scientific approach to integrated thematic learning in grade II elementary schools. The scientific approach is an approach in the learning process that is designed in such a way that students actively construct concepts, laws or principles through observing stages (to identify or find problems), formulate problems, propose or formulate hypotheses, collect data with various techniques, analyze data, draw conclusions and communicate the concepts, laws or principles found. The method of writing scientific papers is to use literature studies, first the researcher formulates a research problem, then continues by tracing existing and relevant research for analysis. The technique of collecting data using non-tests is by searching for accredited electronic journals through Google Scholar. By collecting 15 accredited journals that are relevant to the topic, then analyzed the extent to which the improvement of student learning outcomes with the application of a scientific approach in learning.


Keywords


Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik Terpadu

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & W, E. T. D. R. W. (2016). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar Dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching, 1–8.

Aprianita, ririn. (2015). Menerapkan Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Sosial Merancang Pembelajaran Matematika untuk Siswa Cerdas Istimewa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015. ISBN. 978-602-73403-0-5

Aries Setiarini. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dan Metode Diskusi di SDN Model Mataram. Jurnal kependidikan 15 (3): 202-210 e-issn: 2442-7667 p-issn: 1412-6087

Budiyanto, agus krisno,dkk. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Di Malang. Proceeding Biology Education Conference ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 46-51

Daryanto.(2014).PendekatanPembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Demmu karo-karo. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri No. 107402 Saentis. Esj volume 5, no. 1, juni 2016. P-issn 2407-4934 E-issn 2355-1747.

Desi Ambarsari. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. 1.112 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke-5 2016

Evie Palenewen, Makrina Tindangen. (2016). Pengembangan Asesmen Portofolio Pembelajaran Terpadu Model Webbed SD Kelas Awal Daerah Perbatasan Propinsi Kalimantan Timur dan Utara. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 37-45

Febria rahmi. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 19 Koto Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar e-issn 2579-3403, volume 1, nomor 2, desember 2017

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

I Gede Harja Subrata. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan prestasi belajar. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu Vol. 2, No. 1 2019 e-ISSN : 2656-7466, p-ISSN : 1907-9559

Indra Mardi. (2016).Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SD.Jurnal Pelangi.Vol. 8 No.1 Desember 2016 (55-74).ISSN: 2085-1057 E-ISSN: 2460-3740

Indriani, Fitri. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 2, Desember 2015

Indriyanti, Effy Mulyasari, Yahya Sudarya. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. II No. II Juni 2017, hlm. 13-25

JuitaPurnamasari,Yunisrul,Desyandri.(2018). Peningkatan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. E-journal Inovasi Pembelajaran SD UNP. Volume 6, Nomor 1, 2018

Kadek Sulastra, I Wayan Wiarta, I.B. Surya Manuaba. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Keterampilan Matematika Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1

Kemendikbud. (2013). Konsep Pendekatan Scientific. Bahan Pelatihan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud. (2016). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: kemendikbud.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajara Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Luh Pt Ariestia Dewi, I Wyn Wiarta, I.B Surya Manuaba. ( 2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1

Majid, Abdul. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media

Md Sances Prasiwi, Ni Nym Ganing, I Kt Adnyana Putra. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia Dan Kemampuan Penalaran Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IVB SDP Negeri Tulangampiang Denpasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015

Mira Andriyani, Fauziyah Harahap, Ramlan Silaban. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas V SD Sabilina Tembung. Jurnal Tematik Volume 8 No. 3 Desember 2018. p-issn:1979-6633 e-issn:2460-7738

Ni Komang Tris Utari, I Ketut Ardana, I Wayan Darsana. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Pengetahuan Konseptual Siswa Pada Tema Cita-citaku Kelas IVB SD Negeri 4 Pemecutan. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1

Ni L.Pt. Novi Ardiantari, I Wyn Wiarta, I B. Surya Manuaba. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IVB SD Negeri 8 Pemecutan. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1

Ni Pt. Evi Permata Dewi, I Kt. Ardana, I Kt. Adnyana Putra. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1

Nur alamsyah. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016 Halaman : 81 – 88 Issn: 2527-6891

Nur Faqih. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Pendekatan Saintifik. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar | p-ISSN 2685-7642 | e-ISSN 2685-8207 Vol.1 No.1 Juli 2019 | Hal 08-18

Prastowo, A., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2013). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik Sd / Mi Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu, 1–13.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Diki. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta). Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education Vol. 01 No. 02 Januari-Juni 2017 ISSN: 2548-9992

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Volume 5, No. 3, Desember 2016

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group

Taufik, Taufina. 2013. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota,(3)

Taufik, Taufina Dkk. The Development of Learning Materials to Write a Poem with Cooperative Learning Methods Type Two Stay Two Stray in the Fifth Grade Of Elementary School, volume 178

Taufik,Taufina. (2015). Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP.

Taufik, Taufina,dkk. (2019). Pendekatan saintifik dalam meningkatkan Hasil belajar pembelajaran ipa Di kelas IV siswa sekolah dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol.7 No.2, Oktober 2019, hal. 10 – 17 ISSN: 2337-9227

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahyu Lestari, Loviga Denny Pratama, Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika. Aksioma Vol. 9, No. 1, Juli 2018 E-issn 2579-7646




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10467