Penerapan Membaca Pemahaman menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar

Ralvi Amanata - Universitas Negeri Padang
Taufina Taufik - Universitas Negeri Padang

Abstract


The writing scientific papers aims to analyze the application of the Speed Reading method in integrated thematic learning seen from the increase in student learning outcomes in elementary schools. This writing is based on the background of the low student learning outcomes in elementary schools because there are still many teachers who do not apply innovative learning models and the application of integrated thematic learning that has not been seen, teachers still use conventional teacher-centered learning models so that students are less active in the learning process. The Speed Reading method is one way to help students so that students can understand the reading text quickly. This scientific writing method uses literature studies (Library Research). By collecting 15 reputable journals with the topic, then analyzing the extent to which student learning outcomes have improved by applying the Speed Reading method. From the results of the data analysis, it shows that the Speed Reading method can improve student learning outcomes with varying amounts of improvement.

Keywords


Speed Reading; Membaca Pemahaman; Tematik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, L. K. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ana, Dewi (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 014610 Sei Renggas Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

Budiarti, Reny Citra Dwi. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Membaca Cepat (Speed Reading) terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Bacaan Kelas V di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang

Cahyadi, Edi Dkk. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 205-218

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Eva Betty Simanjuntak dan Dewi Ana.(2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 014610 Sei Renggas.Vol.3 No.1

Harahap. 2019 . Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Global Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.7 No.3

Hidayati, Rahmatul, dkk. 2016. Pemahaman Konsep Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Guru SD Negeri 111 Pekanbaru. 3(2), 1-10.

Hikmah Fuji, Ilahiyah.(2018).Penerapan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dalam Memahami Isi Teks ( PTK di Kelas V MI Nurul Islam Sukaharja Tangerang ).Vol.8 No.3

Ikke Rostiani. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru.Vol.4 No.1

Inawati, Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Oku. Jurnal Bindo Sastra , 2(1), 112-126.

Irdawati, dkk. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas I di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako. (5), (4). ISSN: 2354-614X.

Ismi F, Rosmawarni. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Metode Speed Reading pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Ngadirojo Ampel. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maistika Ratih, Taufina.(2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Mind Mapping Di Kelas V SD. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran).Vol.5 No.2

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulida, Nindy Hening.(2020).Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Menggunakan Metode Speed Reading Dengan Media Audio - Visual Pada Siswa KELAS IIIB MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.Vol.3 No.2

Mizaqon, T. A. & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Panigoro, Nilan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Stuktur Kurikulum 2013.

Prastowo, A. (2013). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD / MI Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1) 1–13.

Pratiti, Nur‘Ani. (2010). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Speed Reading Pada Siswa Kelas IV SDN Pakisaji 02 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang

Purwanto, Agus. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Puspitasari, Dilla. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Melalui Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Rabakkabupaten Purbalingga.Vol.2 No.1

Putra, Adhitia Harsono. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Isi Teks Melalui Metode Membaca Cepat (Speed Reading) di Kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Putri Amna, Yosfan Azwandi dan Markis Yunus. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunarungu Dengan Menggunakan Teknik Skimming. Jurnal ilmiah pendidikan khusus ,854-862

Risdayanti, Yayu. 2018. Pengaruh Metode Speed Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas V SDN 5 Ampenan. Jurnal Skripsi. Nusa Tenggara Barat

Ritonga,Mastiana dan Halimatussakdiah, dan Perangin-angin,Laurensia Masri dan Nurmayani, (2013) Inovasi Desain Pembelajaran Membaca Cepat Melalui Metode Speed Reading Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Teluk Nibung. Jurnal Handayani, 1 (1). hlm. 108-128. ISSN 2355-1739.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers

. 2012 . Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: teori, praktis dan penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, M & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA, dan Pendidikan IPA, 6(1) 41-53.

Sukmawati, Desi (2017) Efektivitas Model Concentrated Language Encounter (CLE) Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia

Simanjuntak. 2015. Pembaca Hebat Super Cepat. Jakarta: Transmandiri Abadi. Vol.3 No.1

Sitti Harmanis. (2018). Penngaruh Metode Speed Reading Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca /Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres 52 Palipi Kec. Banggae Kab. Majene.Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group

Taufik, Taufina Dkk. The Development of Learning Materials to Write a Poem with Cooperative Learning Methods Type Two Stay Two Stray in the Fifth Grade Of Elementary School, volume 178

Taufik, Taufina. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 09 Koto Rajo. Vol 3(2). Hal 763-772

Taufina. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa Bandung.

Taufik, T. 2015. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota, 1(1), 1-12

Taufik, T. (2016). Membangun Hubungan Interpersonal Positif melalui Kesepadanan Kalimat Tanya dan Unsur Nonverbal di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa dan Seni, 43(2) 154-169.

Taufik, Taufina. 2013. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota,(3)

Taufina, Muhammadi dan Chandra. (2018). Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. Jurnal Penelitian Bahasa,Sastra dan Pengajarannya. Vol.17 No.2

Tisna, Meirina. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Speed Reading pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebonagung 06 Pakisaji Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.

Trianto, I. & Al- Tabany, B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan,dan Implikasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integrative/Tki). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i1.10452