ANALISIS PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assingkily, M. S., & Barus, U. S. B. (2019). PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK USIA DASAR (METODOLOGI (METODOLOGI DALAM ISLAM). NIZHAMIYAH, IX No. 2, 14–29.
Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. 8.
Bernard, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Macromedia Falsh Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, 1, 425–429.
Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. 62–70. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx
Febliza Asyti & Afdal Zul. 2015. Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekanbaru: Adefa Grafika.
Hamid, A.M., dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ilmi, A. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAHMATULLAH KOTA JAMBI. 3, 1–11.
Jalinus, Nizwardi & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Kadir, Abd & Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Marpaung, I. Y. O., & Siagian, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V Sd Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 28–40. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5003
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819
Meilinda, I., Hamdu, G., & Apriliya, S. (2017). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Media Mock-Up pada Pembelajaran Tematik berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar. 4(2), 139–148.
Mukminin, B. A., & Primastya, N. (2020). Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Macromedia Flash Based on K-13 As a Thematic. 5, 211–226.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.
Oktaviani, F. N., Shodiqin, A., & Listyariani, I. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. 4.
Poewarti, Loeloek Endah & Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Prananto, I. W. (2018). Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash 8 yang Berkualitas. Prosiding Seminar Nasional: “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global” Kudus, 11 April 2018, 0291, 203–207.
Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112
Rumahlatu, D., Huliselan, E. K., & Takaria, J. (2016). An analysis of the readiness and implementation of 2013 curriculum in the west part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5662–5675.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Setyawan, A. (2017). Simki-Economic Vol. 01 No. 03 Tahun 2017 ISSN : BBBB-BBBB. Simki-Economic, 01(03), 1–14.
Setyawan, A. E., Warkintin, & Januariko, Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada pembelajaran tematik kelas iv tema 6 sub tema 1 aku dan cita-citaku. 1, 1–13.
Simanjuntak, E. B., & Ananda, N. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Interaktif “Tematik” Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SDN 028229 Binjai Barat TP 2017/2018. Jurnal Guru Kita (JKG), 2 (3), 14–20. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suganda, A., Simanjuntak, V. G., & Purnomo, E. (2016). Pengaruh Audio Visual Terhadap Pembelajaran Tendangan Mawashi Geri Beladiri Karate Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 183–190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259
Syabrina, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK FLASH IBTIDAIYAH. 7(1), 25–36.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran Dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131–144. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO DAN MACROMEDIA FLASH. 1(May), 2–3.
Worowirastri E., D., Wahyu P.U, I., & Ika K., D. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajarantematik Di Sd Muhammadiyah 9 Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 17. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4906
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yuliardi, R., & Lutfi, A. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3668
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10447