Desain Multimedia Interaktif Berbantuan Software Adobe Flash CS6 untuk Siswa Kelas V SD

Gustiayu Harun - Universitas Negeri Padang
Yanti Fitria - Universitas Negeri Padang

Abstract


The study aims to design and determine the feasibility level of an interactive multimedia software-assisted Adobe Flash CS6 for elementary School students grade V. This type of research is research and development with the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method Luther-Sutopo version model through six stages, namely concept, design, material collection, assembly, testing, and distribution. Based on the stage of the development method, the result is an interactive CD in the theme of 9 subtheme 3 Learning 1, 2, and 5 with a percentage of 84.44% that meets valid criteria or deserves to be used as an interactive multimedia for students of the V grade Elementary School.

Keywords


Multimedia interaktif; Adobe flash CS6; MDLC

Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Daryanti, D., Desyandri, D., & Fitria, Y. (2019). Peran Media dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 215-221.

Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Efendi, N., Fitria, Y., Faridah, F., & Syahniar, S. (2019). Peningkatan Partisipasi Pikiran Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Sains. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 3(3), 882-893.

Fatchan, Muhammad. (2018). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis Adobe Flash Professional CS6. SIGMA Jurnal Teknologi Pelita Bangsa Volume 8 Nomor 1 Maret 2018.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas capaian kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 1(2).

Fitria, Y. (2017). Pembelajaran literasi sains untuk level dasar. Diperoleh dari osf.io.

Imron, M. (2014). Bab II Landasan Teori. Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/20932/49/Bab%25202.pdf .

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustika. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). Jurnal Mikrotik, 8 No. 1(1), 5.

Nelvianti, N., Indra, W., Anas, R., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). penerapan model discovery learning dalam pembelajaran ipa tematik di sekolah dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 10(2), 168-173.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 79-85.

Ruang Guru. (2016). Visual, Auditori, dan Kinestetik. Yang Manakah Gaya Belajar Kamu. Diperoleh dari https://blog.ruangguru.com/tiga-gaya-belajar.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito. (2012). MEDIA PENDIDIKAN Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.

Saputri, Lola Ineli. (2015). Pengembangan Modul dengan Tampilan Majalah dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Ejurnal.bunghatta.ac.id Vol.4 No.5.

Sundahry, S., Fitria, Y., & Rakimahwati, R. Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sd. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 1-9.

Wanelly, W., & Fitria, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Integrated dan Keterampilan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 3(1), 180-186.

Widada., Wulansari, B. (2019). Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10440