PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS II SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR)

Ersa Mayori - Universitas Negeri Padang
Taufina Taufik - Universitas Negeri Padang

Abstract


This research aims to describe the application of the scientific approach in integrated thematic learning in elementary schools. This research is motivated because there are still many mistakes in implementing integrated thematic learning in elementary schools. This research uses a literature study method (library research) through a literature review to strengthen the analysis of the various sources used. This research begins with formulating a research problem followed by analyzing the relevant research results. Data collection in this literature study was carried out using non-tests, namely by searching electronic journals through reputable journals, books, theses, and online journals that are relevant to the application of the scientific approach. The keywords used for journal search are the Scientific Approach, Integrated Thematic. The results obtained from the research will be analyzed by the author using the content analysis method. From the results of the research analysis of 15 relevant journals, it shows that the scientific approach is effectively applied in integrated thematic learning in elementary schools.

Keywords


Pendekatan Saintifik, Tematik Terpadu

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Nur. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Volume 1 No 1, ISSN: 2527-6891, 81-88.

Aminati, Arfiani Yulia & Budi Purwoko. 2013. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Resolusi Konflik Interpersonal . Volume 03, No 01. 222-235

Arum, Tia Sekar & Wahyudi. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Volume. 6, No. 3, 239-250.

Bermawi, Yoserizal & Tati Fauziah. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar. Volume 2, No 4, 63-71

Dahliana, Dina, Nike Sri Setiawati dan Taufina. 2019. Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA di Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Volume 7, No 2, ISSN: 2337-9227, 10-17

Dahliana, Dina, Nike Sri Setiawati dan Taufina. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 2, No 2, P- ISSN: 2515-1723, E-ISSN: 2615-1766, 130-135

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Dewi, Anastasia Endah Aanastika & Mukminan. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Di Middle Grade SD Tumbuh 3 Kota Yigyakarta. Jurnal Prima Edukasia. Volume 4, No 1, 20-31

Evayanti, Daslina. 2016. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 14 Menggunakan Pendekatan Saintifik. Volume 1, No 1.

Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-rus Media.

Hosnan. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Iasha, Vina. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2, No 1, p ISSN: 2580-362X, e ISSN: 2580-3611, 18-36

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01) 36-39.

Laurianus, Tahmid Sabri & Abdussamad. 2014. Peningkatan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Di SD.

Lestari, Dwi Ana. 2015. Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa. Volume. 3 No. 1, 66-78.

Lestari, Pratiwi Ayu, Usman Mulbar & Asdar. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pencapaian Kompetensi Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Inpres Karurung Makassar. Jurnal Daya Matematis. Volume 3, No 3, 308-327.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mardi, Indra. 2016. Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD. Jurnal Pelangi. Volume 8, No 1, ISSN: 2085-1057, E-ISSN: 2460-3740, 56-74

Meliawati, Ni Wyn. Md Suarjana & Luh Pt Putrini Mahadewi. 2015. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Dalam Pembelajaran Berdasarkan Kurukulum 2013 TEMA 9 ( Makananku Sahat Dan Bergizi). e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, No 1, 1-11.

Mizaqon, T. A. & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, Volume 8, No 1.

Murfiah, Uum. 2017. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Volume 1, No 5, ISSN: 2337-9227, 57-69

Nirgaya, Bergita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas I A SD Inpres Ende 7 Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 4, Nomor 1, April 2019 ISSN 2527-600X, 33-37.

Nurfaidah, Siti Sholiha, Aziz Lukman Praja, Nurul Fazriyah, Akhmad Mamad. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas VI SDN 033 Asmi Kota Bandung. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Volume 5, No 2, 164-174.

Rahmi, Febria. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 19 Koto Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar e-ISSN 2579-3403, Volume 1, No 2, 1-15.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, M & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA, dan Pendidikan IPA, Volume 6, No 1, 41-53.

Sari, Milyai & Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Volume 6, No 1, ISSN: 2715-470X(Online), 2477 – 6181(Cetak), 41-53.

Sari, Nila Runtika, I Nyoman Sudana Degeng & Fattah Hanurawan. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Mi Islamiyah Malang. ISBN: 978-602-71836-6-7, 845-852.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Volume 2, No 2, 30-46

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Taufik, Taufina. 2015. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal Prosisding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP. Volume 1, Issue 2

Taufina & Chandra. 2017. The Implication Of Authentic Assessment In Thematic Integrated Learning Process At Lower Level Elementary School. Volume 169, 140-143

Taufina & Maistika Ratih. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Pembelajaran Paikem Gembrot Di Kelas IV Sekolah Dasar. 253-260

Tunaffisa, Ririn Zauharoh, Afandi Muhammad dan Mas’ud Ali. 2019. Problematika Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, Volume 5, No. 1, E-ISSN: 2527-4589, P-ISSN: 2527-2764, 19-32

Yansyah, Nida Fitri, Salati Asmahasanah & Hilman Hakim. 2019. Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 2, No 1, 40-52.

Zulkarnardi. 2016. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Scientific Di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Volume 1, 1-22




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10431