PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR)

Yulia Mitra - Universitas Negeri Padang
Taufina Taufik - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to re-analyze the use of discovery learning models in integrated thematic learning in elementary schools. The design of this study is Literature Review. A literature review study is a method used to collect data or sources related to a particular topic that can be obtained from various sources such as journals, books, internet, and other literature. The purpose of this study is to describe the application of the Discovery Learning (DL) model to integrated thematic learning in elementary schools. Data collection is done by using non-test that is by searching electronic journals through Google Scholar and study documentation in the library. From the research results 15 relevant articles show that the Discovery Learning model is effective in improving student learning outcomes. The key word used for journal research is Discovery Learning, integrated thematic. In this study, researchers used a literature study, first the researchers formulated the research problem, then proceeded to explore existing research relevant to analysis. From the research results 15 relevant articles show that the Discovery Learning (DL) learning model is effective in improving student learning outcomes.

Keywords


discovery learning, tematik terpadu

Full Text:

PDF

References


Aisyah, D. W., Gipayana, M., & W, E. T. D. R. W. (2016). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching, 1–8.

Ambo, W. A. W., & Yasin, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Penerapan Metode Discovery Learning Di Kelas Iii Sd Negeri 2 Barangka. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPSD), 1(1).

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 1-9.

Azizah, Dkk. 2019. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya melalui Strategi Pembelajaran Penemuan (Discovery) Siswa Kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember

Bichar, A. K., Widodo, N., & Wiyanti, H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perpindahan Energi Panas Menggunakan Model Discovery Learning Pada Kelas VB Sdn Ngaglik 01 Kota Batu. Jurnal Basicedu, 3(1), 125-129.

Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021-1028.

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: Diandra Creative.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.

Hanida, H., Neviyarni, N., & Fahrudin, F. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.Jurnal Basicedu, 3(2), 716-724.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 untuk Kelas V. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniati, Siti Julaiha dan Taufina. 2020. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Vol 8(3)

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

M. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hal 27

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Mustikaningtyas, Sukma. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Dengan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 Semester Ii SD Negeri 1 Kalipang Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning Improving Communication Skills and Cognitive Study Result Through Discovery Learning.Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(1).

Pamungkas, G. H., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning.Jurnal Basicedu, 3(1), 43-46.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah.

Prastowo, A., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2013). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD / MI Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu, 1–13.

Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8-13.

Ramli, M., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, 984–988.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Rumini dan Wardani, N.S. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Ajaran 2014-2015. 4(1), 19-40.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers

---------------. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: teori, praktis dan penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sabri, T. (2017). Practical Ways Internalization Tematik by Students in Learning Through Peer Teaching in PGSD FKIP at Tanjungpura University, 2(1).

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Setiarini, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dan Metode Diskusi di SDN Model Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2(1).

Sidiq, M. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu, 4(2), 361-370.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulfehmi, Wahyu Bagja Dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 5(1). Hal 17-30

Supriyadi & Zainuddin. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovey Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Vol 1(1). Hal 1-10

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Taufik, Taufina. 2015. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota, 1(1), 1-12

Taufik, Taufina. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar, 1(1), 1-10

Taufik, Taufina. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 09 Koto Rajo. Vol 3(2). Hal 763-772

Taufik, Taufina Dkk. 2019. The Use Of Discovery Method To Improve Student’s Learning Activities And Outcome In Learning Mathematics At Grade V In Public Elementary School 08 Nan Limo Mudik Palupuh District Agam. Vol 3(3). Hal 144-150

Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Pretasi Pusataka.

Utami, M. L. B. (2017). Penerapan strategi Discovery Learning (DL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 483-490.

Utama, L. V., Widodo, N., & Wilujeng, E. C. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV-A SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 52-59.

Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10428