Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Muzaki. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Vol 2
Ayu Ramadani,Nasrul(2019) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Vol.7
Desyandri dan Dori Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Wilayah IV.
Erika Puspitasari. 2016. Peningkatan Mootivasi dan Hasil belajar Melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang. Vol 1 No 7
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Hamalik, Oemar. 2010.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada
Jasdilla, L,dkk.2017. Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps. Vol 6 No 1
Kunandar. 2008. Langkah Mundah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajarafindo Persada.
Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Miftahul Huda. 2016. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Metode Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul (2014) Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Rosda Karya
Majid, Abdul (2014) Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Rosda Karya
Meiharty, Fitri.2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 21 Balai Makam Kecamatan Mandau.
Ni Ketut Desia, dkk.2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Terhadap Kemampuan Berbicara Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Gugus Iii Kecamatan Seririt. Vol 3
Ni Why Wida, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TPSTerhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univrsitas Pendidikan Ghanesa. Vol 2 No 1
Rusman. 2014. Model – model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru ). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Rahmadia Tanjung, E Sukma(2019). Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik terpadu dengan Menggunakan model Problem Based Learning dikelas IV SD. e-Journal Inovasi Pembelajaran SD. Vol 7. No 12 Sanjaya, Wina. 2008. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siti Nur Alfiah. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Melalui Pendekatan saintific dan Model TPS kelas III Sekolah Dasar. Universitas Kristen satya Wacana. Vol 2 No 11
Sukma, Elfia. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Sumbersari III Malang dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Vol 14. No 1.
Sukma, Elfia, Sihes Ahmad Johari. Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Fakulti Pendidikan. Universiti Teknologi Malaysia. Vol. 2, ISSN: 2442-8485.
Sukma, Elfia, dkk. 2019. Masalah dalam Pengajaran Bahasa Lisan di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Padang. Vol. 301
Sukma,Elfia,Oktaviani.2019. Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar.
Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10123