Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tematik Terpadu Kelas IV SD (Studi Literatur)

Zikri Amna - Universitas Negeri Padang
Muhammadi Muhammadi - Universitas Negeri Padang

Abstract


Integrated thematic learning is integrated learning using themes that link several subjects so that learning provides meaningful experiences for students. In fact, learning outcomes in primary schools are not as expected. In connection with this problem, it is necessary to solve the problem to overcome it, one way to overcome this problem requires an appropriate learning model so that learning outcomes are optimal so that the results obtained by students can be satisfactory. One of the best models to solve this problem is the Discovery Lerning model. This study aims to provide benefits to readers in adding insight and knowledge about the application of the Discovery Learning model in the integrated thematic learning process. The type of research carried out is literature research. Based on the literature study research that researchers have done, it can be concluded that application of the Discovery learning model can provide an increase in student learning outcomes. It can be seen that learning using the Discovery Learning model, learning using the Discovery Learning model increases understanding for students so that learning outcomes in primary schools increase

 


Keywords


Discovery Learning; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Andriyani, F., Slameto, S., & Radia, E. H.(2018) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Discovery Learning. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(2), 123-131.

Anggrayanthi, A., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2016).Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Ekosistem. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018).Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Ekawati, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Iisiswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 359-372.

Ekawati, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Iisiswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 359-372.

Elvianti, E. (2020). Penerapan Model Discovery Learning dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup Siswa Kelas VI MIN 8 Aceh Barat Daya Pelajaran 2018/2019.Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V).

Fatmawati, K. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 149/VIII Muara Tebo Jambi. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 1(2), 27-33.

Hidayat, T., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019).Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelaran Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagamandi Negeriku. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 1-9.

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor : Ghalia Indonesia.

Khasanah, L., & Suprihartini, G. (2019).Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Discovery Learning Berbantu Permainan Orang-Orangan pada Peserta Didik Kelas IV SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 42-48.

Kirnando (2012).Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya Kelas V SDN Glundengan 01 Wuluhan Jember.

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kusumaningrum, Y. P., & Hardjono, N. (2018).Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 1-10.

Masitoh, S. (2016).Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Inquiry Discovery Learning di Kelas IV SDN Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 341-360.

Nirta, I. K. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Engoptimalkan Penerapan Model Discoveri Learning Di Sd Negeri 14 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 53-62.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5-10.

Pamungkas, G. H., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2019).Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 3(1), 43-46.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017).Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Rabbani, S. (2019). Penggunaan Media Corong Berhitung Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDIT Generasi Rabbani (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu).

Rahayu, I. P., & Hardini, A. T. A. (2019).Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193-200.

Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi.JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 13-24.

Resnani. 2019. Penerapan Model Discovery Learning untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas VC SDIT Generalisasi Rabbani Kota Bengkulu. Jurnal PGSD. Vol. 12.No. 1.9-14.

Rizal, R. S., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Perbaikan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 4 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (Dl) Siswa Kelas 5 Sd Negeri Dukuh 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2017/2018. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 207-213.

Rumini 2016 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Tempat Tinggalku.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salmi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit. Vol. 6.No. 1.1-16.

Saud, A. M., & Rahayu, E. S. (2017).Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda Dan Cirinya Di Kelas V Sdn Rancasawo 1. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 3(1), 23-47.

Setiani, R., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Cebongan 02 Salatiga. Jurnal Tematik, 9(1), 46-53.

Situmorang, Manihar. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Ajaran 2014-2015.

Vena, N. M. D. N. A., Wiyasa, I. K. N., & Suniasih, N. W. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Widodo.2017. Metodologi Penelitian, Populer & Praktis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Windarti, Yulita, Slameto Slameto, and Eunice Widyanti. (2018) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 Sd. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1.1: 150-155.

Yanti, N. M. I. K., Suniasih, N. W., & Ganing, N. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tema Tempat Tinggalku Siswa Kelas IVA SD Negeri 6 Kesiman. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i3.10105